Mencoba Modif Intercom Helm Agar Suara Masuk Rekaman Action Camera

Assalamualaikum Teman-teman, kembali dengan artikel bertema DIY, di artikel ini saya ingin membagikan hasil percobaan Modif Intercom Helm Agar Suara Masuk Rekaman Action Camera. Di kalangan biker, penggunaan intercom sudah menjadi hal yang biasa, dari yang tujuannya serius untuk komunikasi ketika riding maupun hanya untuk bergaya agar helm kelihatan lebih keren ketika riding. Selain itu harga intercom helm banyak yang sudah terjangkau dan tidak terlalu mahal, walaupun tentunya dengan fitur seadanya.

Saya akhirnya memutuskan untuk membeli dan menggunakan intercom karena penasaran dan sedikit alasan kebutuhan. Penasaran dengan bagaimana impresi penggunaan serta kebutuhan berkaitan dengan rencana Insyaalloh riding agak jauh di bulan depan bersama teman-teman. Banyak referensi dari internet yang saya pelajari sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli intercom tersebut. Mulai dari fiturnya, cara penggunaannya, harga dan tentunya modifnya.

Intercom membantu rider agar lebih mudah untuk berkomunikasi di jalan, baik dengan teman riding maupun untuk kemudahan menerima panggilan telepon saat dalam perjalanan. Selain itu intercom juga bisa digunakan untuk membantu navigasi dengan fitur GPS atau maps yang ada di smartphone kita. Tapi tentunya kita harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya, jangan sampai mengganggu konsentrasi berkendara kita. Bagi saya yang suka riding bersama teman-teman, komunikasi saat riding menjadi hal sangat penting apalagi jika kita riding menuju lokasi yang belum pernah dikunjungi dan memanfaatkan GPS atau maps sebagai petunjuknya. Selain itu kegemaran saya merekam perjalanan saat riding menggunakan camera pasti akan menjadi lebih seru jika ada obrolan dengan teman yang bisa direkam saat perjalanan tersebut.

Setelah mencari referensi, mencari alasan penguat, akhirnya saya putuskan untuk membeli satu unit intercom. Pilihan saya jatuh pada intercom merk Maxto tipe M2 dengan harga tujuh ratus ribuan. Saya memilih Maxto M2 ini karena banyak review yang menilai intercom ini bagus, value for money. Dengan harganya yang masih di bawah satu juta rupiah intercom ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan, dan tentunya mudah untuk disambungkan dengan intercom merk lain. Selain itu Maxto M2 ini sudah mendukung party call hingga enam orang, walupun hanya terbatas untuk sesama merk Maxto saja. Dan ini memang sudah hal yang umum di beberapa merk intercom. Dan juga Maxto M2 ini termasuk yang mudah untuk dimodifikasi agar output suaranya bisa masuk ke rekaman action camera.

Jadi seperti yang sudah saya tulis diatas, saat saya mencari referensi dan review intercom, saya juga mencari referensi bagaimana caranya memodifikasi intercom tersebut agar suaranya bisa masuk ke rekaman action camera. Paling tidak dengan referensi ini, saya yang awam dengan utak-atik elektronika( walaupun tidak terlalu jauh dengan dunia informatika ) menjadi berani untuk mencoba modifikasi sendiri.

Pada dasarnya kebanyakan intercom terdiri dari unit modul intercom dan headset berserta cablingnya. Biasanya ada 1 microphone dan dua speaker (kiri dan kanan) yang dihubungkan dengan kabel kemudian dengan jack/interface masuk ke modul intercomnya. Jack/interface ini bermacam-macam tipenya, ada yang menggunakan jack 3.5mm, mini usb, micro usb maupun usb type c.

Salah satu alasan saya berani melakukan modifikasi sendiri adalah rasa penasaran dan yakin jika sistem pengkabelan yang ada di headset intercom ini tidak terlalu rumit. Walaupun model jack/interface yang menghubungkan ke modul intercomnya bisa beragam. Sebelum saya memiliki intercom, saya yakin jika sistem headsetnya itu tidak berbeda jauh dengan headset yang biasa kita pakai untuk handphone kita. Ada colokan/jack yang terdiri dari beberapa kutub, ada microphone, ada speaker dan ada kabel.

Prinsipnya untuk modifikasi agar suara dari intercom ini bisa masuk ke rekaman action camera adalah memasukkan suara output speaker ke input mic action camera. Dari prinsip ini akhirnya saya mencoba untuk memotong kabel dari salah satu speaker intercom, kemudian menyambungnya secara seri dengan kabel jack 3.5mm untuk mic in ke action camera. Karena aggapan saya output speaker itu bisa diubah menjadi input suara untuk perangkat lain yg memiliki line mic in atau aux in.

Dan hasilnya untuk percobaan saya yang pertama ini berhasil, suara output dari speaker intercom bisa masuk ke rekaman action camera dengan jelas. Namun karena mic in yang ada di action camera hanya ada satu port, tentunya harus mencari cara lagi agar suara kita bisa masuk juga. Ini yang akhirnya membuat percobaan saya menjadi lebih seru. Awalnya saya berfikir hanya dengan menyambungkan kabel speaker dan mic akan membuat suara dari mic dan speaker langsung bisa bergabung dan masuk ke rekaman dengan mudah. Nyatanya, tidak sesederhana itu.

Jadi pada percobaan ini saya menggunakan audio splitter untuk menggabungkan jack mic dan jack output dari speaker intercom ke mic in action camera. Namun haslinya, suara dari microphone kalah tidak mau masuk ke rekaman kamera, dan anehnya ketika output dari speaker intercom tidak saya sambungkan, suara dari mic bisa masuk ke rekaman. Di tahap ini cukup membuat saya yang tidak paham elektronika hampir menyerah dan hampir memutuskan untuk membeli headset intercom yang sudah dimodif saja. Namun sebelum benar-benar menyerah, saya memutuskan untuk mengulik lebih dalam, mengubek-ubek youtube untuk mencari video modif intercom, dan Alhamdulillah menemukan video yang memberikan pencerahan. Terimakasih untuk pemilik channel, karena sudah dengan ikhlas membagikan ilmunya dengan total dan jelas.

Jadi kunci untuk kesuksesan modif ini terletak di penambahan resistor senilai 10kilo ohm. Di video tersebut pemilik channel menambahkan resistor di kutub positif(biasanya kabel warna merah) antara kabel speaker dan mic intercom yang digabung kec jack mic in yang dicolokkan ke kamera. Walaupun saya tidak paham apa fungsi dan tujuan dari penambahan resistor ini, namun saya putuskan untuk mengikuti cara tersebut. Jadilah saya beli resistor sesuai dengan nilainya tersebut dan kemudian saya pasang. Walhasil, akhirnya saya berhasil modif intercom saya, suara dari mic dan speaker bisa masuk ke rekaman camera dengan sempurna.

Resistor 10K Ohm

Dengan cara tersebut suara dari speaker intercom berhasil masuk ke rekaman action camera, namun untuk review lebih jauh bagaimana kualitas rekamannya, ada noise atau tidak masih saya coba, insyaalloh nanti akan saya update di artikel berikutnya. Selain itu dengan cara ini saya harus memakai 2 mic, satu direct untuk mic intercom dan satu ke mic action camera. Bagi saya ini pilihan terbaik saya, walaupun bisa saja hanya menggunakan 1 mic yang dari intercom. Tentunya jika ingin menggunakan mic dari intercom ada langkah tambahan yang harus dilakukan, yaitu menyambungkan jack 3.5 ke microphone intercom dan digabung dengan speaker intercomnya, seperti yang ilustrasi pada gambar berikut.

Sekian artikel Mencoba Modif Intercom Helm Agar Suara Masuk Rekaman Action Camera ini, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Switch Rem Universal, Cocok Untuk Modifikasi Rem Cakram

Assalamualaikum Teman-teman, kembali dengan artikel DIY, kali ini saya akan membahas mengenai part pengganti yang bisa digunakan untuk pengganti switch rem universal, yang mana bisa digunakan untuk rem cakram baik depan maupun belakang. Switch ini berfungsi untuk menggantikan switch rema asli agar fungsi lampu rem tetap bisa digunakan ketika kita melakukan modifikasi pengereman. Terutama untuk yang memodifikasi dari rem tromol ke rem cakram.

Semenjak redto-black dimodif menggunakan velg chemco sistem pengereman belakang diubah dari yang tadinya tromol menjadi cakram. Menyesuaikan perubahan tersebut, fungsi switch rem belakang menjadi tidak bisa digunakan karena posisinya mentok dengan master rem. Alhasil dari tahun 2014 hingga tahun 2022 ini lampu rem belakang tidak menyala jika saya hanya menggunakan rem belakang saja. Dulu memang sengaja tidak dicarikan cara atau alternatif untuk memfungsikan kembali switch rem tersebut, namun di tahun 2022 ini saya iseng untuk mencoba agar switch rem bisa berfungsi kembali.

Awalnya saya sempat melakukan riset dengan melihat komponen switch rem dan bracket yang terpasang di Yamaha New Vixion (NVL maupun NVA) dan sudah mencoba membelinya. Secara desain memang bisa masuk dan dipasang di brakcet master rem yang saya gunakan, namun secara ruang ternyata tidak cukup ruang untuk memasang brakcet dan switch remnya. Akhirnya mencoba untuk mencari-cari solusi lain dan menemukan banjo bolt switch / hidrolik switch yang biasa dipasang untuk master rem aftermarket.

Pertama menemukan switch merk TDR yang harganya Rp. 180.000, namun masih mikir, masa iya harus beli yang harganya segitu. Selang remnya aja kemarin hanya Rp. 125.000 harganya. Akhirnya mencoba mencari barang serupa namun dengan harga yang lebih murah. Ternyata saya berhasil menemukan beberapa switch yang sama dengan harga yang lebih bervariasi, dan pilihan berujung di switch yang harganya Rp. 72.000.

Switch Rem Universal

Singkat cerita setelah memesan dan menunggu pembelian dari toko online banjo bolt switch tersebut datang juga. Cukup sederhana saya barangnya, dan langsung bisa dipasang sendiri. Jadi switch ini difungsikan dengan cara mengganti baut nepple/banjo bolt yang ada di master rem. Kemudian dihubungkan dengan socket switch rem yang sudah ada di motor. Untuk proses pemasanganya bisa disimak di video berikut :

Sekarang lampu rem sudah berfungsi kembali, sudah bisa menyala ketika saya injak rem belakang. Untuk foto terpasang seperti berikut

Terimakasih sudah membaca artikel saya ini, semoga bermanfaat.

Selang Rem Sobek, Bearing Oblak & Macet, Ceritaku kali ini bersama redto-black

Assalamualaikum Teman-teman, lama tidak posting artikel di blog saya ini, akhirnya dapat bahan untuk posting. Sabtu – Minggu (12-13 Maret 2022) saya sempatkan untuk cek dan bongkar-bongkar redto-black (Yamaha Scorpio milik saya). Kali ini konsen saya di urusan rem belakang dan kaki belakang. Sebenarnya awalnya itu niatnya mengganti spakbor depan yang dudukan bagian belakang patah dan menyebabkan spakbor bergetar dan bunyi klotak-klotak saat jalan. Namun akhirnya beralih membenahi kaki dan pengereman belakang.

Hari ke -1

Singkat cerita saya ingat kalau masih punya spakbor old vixion yang dulu pernah saya pasang sebelum berganti ke spakbor depan new vixion yang sekarang. Namun ternyata spakbor old vixion ini sudah tidak memungkinkan dipasang lagi, karena ruang bannya tidak cukup lebar untuk profil ban yang saya pakai sekarang. Akhirnya karena hal tersebut ganti spakbor tidak jadi dilakukan, maka berlanjut mengecek kondisi kaki dan rem belakang.

Awalnya tujuan utama adalah mengganti bearing di conrod link unitraknya, karena terakhir kali dibongkar bearingnya sudah macet, walaupun saat itu ketika dibersihkan masih bisa berputar lagi meski tidak lancar. Seperti biasanya untuk urusan seperti ini saya bisa melakukannya sendiri, bermodal tools yang ada di rumah dan tentunya bearing yang sudah saya beli sebelumnya. Tak butuh waktu lama untuk melepas ban belakang. Ya memang tak butuh waktu lama, tapi jujur melepas dan memasang ban belakang motor saya itu pekerjaan yang cukup membuat berkeringat. Kemudian dilanjut melepas link unitrak dan membersihkannya. Dan tentunnya mengganti dua buah bearing bambu tipe HK1816 yang ada di dalam conrodnya.

Setelah selesai mengganti bearing tersebut, sebelum memasang ulang semuanya saya coba untuk cek kondisi bearing roda belakang dan kondisi rem belakang. Kampas rem belakang masih bagus, bersih dan piringannya juga masih normal. Namun justru yang saya temukan adalah kondisi selang rem yang hampir bocor karena ada bagian yang sobek bekas tergerus dan sudah terlihat benang-benangnya. Dugaan saya sih karena gesekan dan panas knalpot, karena bagian itu posisinya paling dekat dengan knalpot.

Tak hanya itu, saat melepas piranti pengereman ini saya menemukan kondisi tabung tempat minyak rem yang berbahan plastik sudah rapuh/getas dan saat saya tekan menggunakan tangan ternyata pecah. Yah….. Yah……, mau gak mau harus ganti ini! Mau gimana lagi, akhirnya simpanan sparepart yang sudah saya beli beberapa tahun lalu bisa dipakai juga. Ya, dulu saya sempat beli satu set piranti pengereman belakang milik Yamaha R15 dari teman saya. Rencananya sih dulu pengen dipasang satu set utuh, namun karena ini itu dan sebagainya akhirnya belum jadi dipasang.

Tapi untuk kali ini, sudah tidak bisa ditunda lagi, mau tidak mau sparepartnya harus digunakan, walaupun tidak semuanya. Akhirnya tabung rem dan master remnya saya pakai untuk mengganti yang terpasang, kenapa sekalian master remnya? karena saya tidak mau bongkar-bongkar klem selang rem ke tabung remnya, karena takut nanti tidak rapat lagi. Selain itu, sama-sama harus bleeding minyak rem lagi, sekalian saja pakai yang baru.

Kemudian selang rem yang dari arah master rem ke kaliper, ini yang pokok untuk diganti juga, karena kondisi selang yang sudah sobek tergerus bisa saja tiba-tiba pecah saat dipakai. Tapi sayangnya untuk selang ini, saya tidak bisa menggunakan punya R15 tersebut, karena terlalu pendek. Akhirnya saya beli selang rem ukuran 60cm aftermarket merk TDR. Awalnya mau mencari punya Honda Supra atau Honda Tiger, tapi tanya teman yang ada di bengkel tidak punya, dan kebetulan ada teman lain yang mau ke bengkel di kota yang lebih lengkap akhirnya mencoba nitip. Pesan saya ke teman yang saya titipin, kalau ada merk TDR yang panjangnya 50-60cm boleh, jika tidak ada tanya saja ke bengkelnya yang ukuran 50cm an bisa ambil dari motor apa.

Berhubung beli selang remnya harus menunggu, akhirnya saya melanjutkan cek bearing roda belakang. Dan benar saja, ternyata sudah oblak, jadi bagian besi as bearing itu sudah goyang dan tidak berputar dengan sempurna. Selain itu bola-bola besinya jug sudah macet dan tidak mau berputar. Untungnya untuk bearing dan sealnya ini saya sudah punya stok, jadinya bisa langsung saya pasang hari itu juga.

Untuk bongkar dan pasang bearingnya karena saya hanya menggunakan alat seadanya jadi saya gunakan kunci T sok ukuran 19 untuk menekan bearingnya, sambil diketok menggunakan palu pelan-pelan. Tak lupa bearingnya dilumasi dulu menggunakan gemuk/grease dan dilambari kain sebelum dipukul, biar tidak rusak karena getokan palu.

Hari ke -2

Minggu pagi setelah mengambil selang rem yang saya titip kemarin, proses ganti selang rem dan tabung minyak rem saya lanjutkan. Prosesnya cukup mudah dan tools seadanya di rumah mencukupi untuk mengerjakannya sendiri. Walaupun tetap saja ada kejadian kurang teliti sedikit ketika memasang selang rem ke kaliper. Cek ricek semua sudah terpasang rapi, waktunya bleeding minyak rem, butuh waktu agak lama untuk mengocok rem hingga minyak rem terdistibusi rata ke seluruh bagian. Hingga akhirnya semua sudah penuh dan gelembung udara sudah keluar, tapi kok masih ada yang menetes dari banjo bolt/nipple yang ada di kaliper? Ternyata ada satu ring besi yang belum saya pasang, sehingga tidak rapat dan membuat minyak rem merembes. Walhasil harus dilepas lagi dan dipasang ring besinya, dan tentunya mengulang proses bleeding lagi.

Lanjut hari ke -3 Test Jalan

Senin, 14 Maret 2022 saatnya test jalan hasil perbaikan kali ini, Minggunya ada kesibukan lain yang harus saya lakukan jadi baru hari Senin bisa dilakukan test. Motor dipakai berangkat kerja seperti biasa, terasa memang roda belakang lebih anteng dan ketika didorong tidak terasa berat seperti biasanya. Biasanya ketika saya dorong terasa berat seperti kalau pas kita mendorong motor yang ban belakangnya kempes, dan shock belakang juga lebih nyaman.

Untuk rem belakang, memang masih terasa kurang pakem, tapi setidaknya tidak ngeblong karena adanya udara kosong. Dan dari dulu memang rem belakang saya tidak terlalu pakem, selain itu mungkin karena piringan masih basah sisa oli dan minyak rem karena proses mbengkel kemarin dan belum dicuci, sehingga masih terasa licin.

Memasang Voltmeter Digital di Yamaha Scorpio

Assalamualaikum Teman-teman, Accu merupakan salah satu bagian penting dari sepeda motor, dulu saya pernah pulang kuliah kondisi hujan hanya dengan lampu sein menyala. Salah satu penyebabnya adalah karena kondisi accu yang rusak sehingga menyebabkan kelistrikan bermasalah, lampu utama mati, klakson sember tidak nyaring dan double start tidak bisa dipakai. Beruntungnya saat itu masih motor karburator belum motor injeksi yang ECU, injector dan sebagainya sangat tergantung dengan arus listrik dari accu. Jadi motor tetap bisa dikendarai walaupun accu mati.

Walaupun sekarang juga masih menggunakan motor karburator namun seiring usia pemakaian, memantau kondisi accu menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Oleh karena itu akhirnya saya mencoba untuk memasang voltmeter digital di Yamaha Scorpio milik saya yang sudah akan memasuki sepuluh tahun masa pakainya. Voltmeter ini penting gak penting sih sebetulnya, namun guna memantau apakah kondisi accu masih baik atau tidak alat ini sangat membantu.

Voltmeter ini termasuk mudah untuk dipasang di sepeda motor, kita hanya perlu mencari kabel arus plus dan minus yang keluar dari kunci kontak. Sebenarnya sih mau dipasang langsung ke plus minus accu juga bisa, tapi nanti bisa membuang arus accu jika di voltmeternya tidak ada saklar on offnya. Voltmeterpun beraneka ragam yang dijual di toko online dengan pilihan harga yang bervariasi juga. Dan yang saya pilih untuk beli adalah voltmeter digital yang memiliki fitur pengukur suhu juga.

Voltmeter digital yang saya pilih di bungkusnya sih merk protaper, namun saya tidak yakin ini merk asli protaper, karena harganya hanya sekitar seratus ribuan. Selain merknya, fungsi suhunyapun masih menyisakan tanda tanya, apakah akurat atau tidak. Selain itu di bungkusnya voltmeter ini hanya ada petunjuk pemakaian dalam bahasa China.

Untuk pemasangannya saya tinggal mencari kabel yang keluar dari kontak, di yamaha scorpio kabelnya berwarna coklat dan hitam. Coklat untuk arus positif dan hitam untuk arus negatifnya. Dan volmeternya cukup disambungkan ke kabel tersebut dan langsung bisa dipakai. Kemudian untuk pemasangan panel tampilan voltmeternya, sudah disertai bracket yang bisa dengan mudah dipasangkan di spion maupun baut lain yang memiliki ukuran sesuai dengan lubang bracketnya. untuk yang saya pasang saya ikutkan dengan baut holder spion kiri.

Oh ya untuk voltmeter yang saya beli ini juga ada port usbnya yang bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone. Berikut gambar terpasangnya.

Untuk videonya seperti berikut

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya.

TLS Failed OpenVPN Mikrotik? Berikut salah satu cara penyelesaiannya.

Assalamualaikum Teman-teman, menyambung tulisan saya sebelumnya mengenai VPN Serbaguna Menggunakan Mikrotik dan OpenVPN kali ini saya akan sharing mengenai salah satu masalah yang saya temukan ketika melakukan setting OpenVPN client menggunakan router Mikrotik. Salah satu masalah yang saya temukan adalah TLS Failed, lalu bagaimana cara mengatasi masalah TLS Failed OpenVPN Mikrotik? berikut penjelasan dari percobaan yang saya temukan.

Masalah TLS Failed berhubungan dengan certificate yang digunakan untuk koneksi dari OpenVPN client ke server OpenVPN. Seperti yang saya ulas di artikel sebelumnya saya membuat certificate dari mikrotik atau yang lebih dikenal dengan self signed certificate. Self signed certificate memang memiliki kelemahan dimana reputasinya agak diragukan, beberapa software malah memberikan warning jika mendeteksi adanya penggunaan self signed certificate. Namun yang menjadi pokok permasalahan TLS failed ini bukanlah karena alasan tersebut

Pada artikel sebelumnya saya menjelaskan bahwa certificate yang dihasilkan dari mikrotik berupa file yang berekstensi .crt dan .key atau yang lebih dikenal dengan tipe PEM. File certificate ini berfungsi dengan baik ketika saya gunakan menggunakan OpenVPN client baik di laptop maupun smartphone. Namun ternyata ketika saya import dan akan saya gunakan sebagai certificate di router mikrotik lain yang akan menjadi client dari OpenVPN server tersebut saya malah menemukan error “TLS Failed”.

Sedikit membutuhkan waktu untuk menemukan penyelesaian dari masalah tersebut. Googling dan mendapatkan beberapa referensi artikel, namun belum ada yang sesuai dan menyelesaikan masalahnya. Akhirnya saya coba untuk melakukan export certificate dengan format PKCS12 yang menghasilkan file dengan ekstensi p12 lalu saya import ke router mikrotik client, dan voila… berhasil! Mikrotik saya berhasil menjadi OpenVPN client dan koneksi VPNnya pun berhasil connected. Dari awal percobaan saya menaruh kecurigaan karena certificat dengan tipe PEM yang saya import hanya memiliki attribut “T” (trusted) di status certificatenya. Berbeda dengan certificate tipe PKCS12 yang memiliki attribut “KT” (private key, trusted).

Nah temen-teman sekian sharing dari saya mengenai error TLS Failed pada client OpenVPN mikrotik. Terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat.

Balik Nama Mobil di Boyolali, Ini Ceritanya

Assalamualaikum temen-temen semua, kali ini rtb mau cerita tentang pengalaman mengurus proses balik nama mobil di Boyolali. Proses balik nama ini rtb lakukan membantu Ibu rtb untuk mobil Avanza tahun 2016 milik keluarga kami. Pada saat pembelian mobil ini diatasnamakan ke almarhum Bapak rtb. Dan kami sepakat untuk diurus nanti saja bertepatan pada saat pajak lima tahunan.

Sebenarnya untuk kendaraan yang berstatus balik nama ke ahli waris sudah ada prosedurnya sendiri, bahkan kami sudah mengumpulkan kelengkapannya seperti akta kematian, surat keterangan ahli waris. Namun ada saran dari saudara yang petugas di Samsat agar diurus seperti proses jual beli saja, jadinya ya kami ngikut sarannya. Jadi ada dokumen yang direkayasa, yaitu kwitansi jual belinya. Jadi ini skenarionya jual beli di wilayah yang sama, jadi bukan mutasi ya, melainkan di kabupaten yang sama, di Samsat yang sama. Dan skenarionya ini berjalan di Samsat Boyolali.

Sebenarnya proses ini mirip seperti yang sudah pernah rtb lakukan ketika melakukan balik nama motor Yamaha Scorpio milik rtb. Jadi apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan proses balik nama mobil di Boyolali? berikut datanya :

Syarat-syarat balik nama mobil di Boyolali

  1. BPKB asli dan copynya rangkap 2
  2. STNK & Bukti bayar pajak terakhir dan copynya rangkap 2
  3. KTP Pemilik baru rangkap 2
  4. Kuitansi jual beli bermaterai asli dan copynya. Perlu diingat, tanggal di kuitansi sebaiknya disesuaikan dengan tanggal pada saat pemrosesan balik nama ini, jangan sebelumnya.
  5. Uang untuk membayar pajak, biaya balik nama, biaya cetak STNK, biaya cetak BPKB, biaya cetak plat nomor.
  6. Mobilnya

Langkah-langkah dan biayanya kurang lebih seperti berikut

Setelah syarat-syaratnya lengkap kita bisa langsung menuju kantor Samsat dan meminta form untuk perubahan kepemilikan. Setelah mendapatkan form perubahannya silahkan bawa semua dokumen ke loket 2 untuk pengambilan berkas data kendaraan. Setelah mendapatkan berkas data kendaraannya, segera menlanjutkan ke bagian cek fisik. Di bagian cek fisik ini kita bisa langsung mendatangi petugas lapangan yang bertugas melakukan pengecekan fisik kendaraan.

Pada proses cek fisik ini petugas akan melakukan gesek nomer rangka, mesin dan secara diam-diam melihat kelengkapan kendaraan. Prosesnya tidak terlalu lama untuk proses ini, dan biayanyapun tidak terlalu mahal, seikhlasnya membayar jasa petugasnya. Setelah proses cek fisik dilapangan selesai, kita akan diberi lembaran hasil ceknya yang harus disahkan oleh petugas cek fisik lainnya.

Setelah mendapatkan pengesahaan berkas harus kita bawa ke Satlantas untuk melakukan pendaftaran kendaraan bermotor. Di satlantas kita harus mencari bagian pengurusan BPKB, namun sebelum itu silahkan lakukan pembayaran untuk biaya penerbitan BPKB. Biaya untuk penerbitan BPKB ini sesuai dengan jenis kendaraan yang akan kita daftarkan, untuk sepeda motor biayanya Rp. 225.000 dan untuk mobil biayanya Rp. 325.000.

Setelah membayar biaya BPKB di loket BRI yang menjadi satu dengan loket pembayaran biaya SIM kita bisa langsung menuju bagian BPKB. Di bagian inilah kendaraan kita seperti diregistrasikan ulang dan dokumen lama ditarik, sehingga muncul dokumen baru dan nomer kendaraan/plat nomor baru. Setelah mendapatkan plat nomor baru, kita perlu kembali lagi ke Samsat untuk melakukan pembayaran pajak dan biaya-biaya lainnya.

Di Samsat Boyolali kita menuju ke loket mutasi atau pendaftaran kendaraan baru dengan membawa berkas yang sudah dilengkapi dari Satlantas tadi. Tinggal menunggu pembayaran dan pencetakan STNK dan bukti bayar pajaknya. Di bagian ini untuk mobil Avanza tahun 2016 dikenai biaya total Rp. 4.203.000. Setelah membayar dan mendapatkan STNK baru dan bukti bayar pajak kita harus mengambil plat nomor di loket lainnya. Dan selesilah rangkaian proses balik nama mobil ini, tinggal menunggu kapan BPKB baru bisa diambil.

Untuk total biaya yang saya keluarkan kurang lebih sebagai berikut :

  1. Materai 10.000 untuk kwitansi Rp. 11.000
  2. Biaya fotocopy Rp. 3.000
  3. Biaya cek fisik Rp. 10.000
  4. Biaya BPKB Rp. 325.000
  5. Biaya Pajak, Balik Nama dll Rp. 4.203.000
  6. Biaya Parkir Rp. 8.000

Totalnya menjadi : Rp. 4.560.000

Untuk proses mengurusnya dalam kondisi pandemi ini bisa rtb lakukan sendiri di hari sabtu mulai pukul 07:00 hingga pukul 11:00. Jadi untuk temen-temen yang mau melakukan hal yang sama dan mau melakukan sendiri dan bisa mulai dari pagi sangatlah bisa dan mungkin untuk dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa titipan.

Sekian informasi yang rtb sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah bersedia membaca tulisan rtb ini.

Perpanjangan SIM di Boyolali, Begini Langkah-langkahnya

Assalamualaikum temen-temen, bulan April ini masa berlaku SIM A saya habis. Lima tahun tidak berurusan dengan satlantas membuat saya sedikit gagap ketika datang ke satlantas untuk melakukan proses perpanjangan SIM. Namun ternyata tidaklah terlalu berbeda dengan yang dulu, hanya ada tambahan proses dan tambahan uang yang harus dikeluarkan saja. Apa yang perlu disiapkan dan bagaimana langkah-langkahnya? berikut saya bagikan pengalaman saya melakukan perpanjangan SIM di Boyolali.

Yang Harus Disiapkan Sebelum Berangkat Ke Satlantas

Syarat perpanjangan SIM di Boyolali dan kemungkinan besar sama dengan wilayah dibawah naungan kepolisian republik Indonesia adalah SIM dan KTP yang masih berlaku, dan tentunya sejumlah uang sesuai dengan tipe SIM yang akan diperpanjang. SIM dan KTP yang masih berlaku harus difoto copy masing-masing rangkap dua. Kemudian masukkan berkas tersebut ke MAP berwarna kuning pucat. Nah ini mungkin bisa beragam ya, di tiap-tiap lokasi bisa berbeda, di satlantas Boyolali ini ada semacam penyeragaman untuk perpajangan SIM A menggunakan map berwarna kuning pucat, sedangan untuk SIM C menggunakan map berwarna biru.

Tak perlu kebingungan jika kita belum bisa menyiapkan berkas tersebut, karena di satlantas Boyolali sudah ada tempat foto copy yang siap dan paham mengenai syarat-syarat dan kebutuhan berkas untuk proses perpanjangan SIM ini. Jadi kita cukup datang ke tempat foto copy tersebut dengan membawa SIM dan KTP asli lalu bilang ke petugasnya bahwa kita akan melakukan perpanjangan SIM. Petugasnya akan mengcopy SIM dan KTP sesuai jumlah kebutuhan dan memberikan map serta ballpoint yang nanti pasti akan kita butuhkan pada saat melakukan prosesnya, dan cukup membayar Rp. 6.000 saja untuk semuanya itu.

Langkah Selanjutnya

Foto copy KTP dan SIM merupakan syarat dasar yang akan digunakan untuk proses selanjutnya dalam perpanjangan SIM ini. Langkah berikutnya yang perlu anda lalukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan. Di satlantas Boyolali ini untuk pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di klinik yang ada di seberang jalan depan satlantas. Namun untuk tahun ini ada yang mulai berbeda, jika dulu kita harus mengisi form pendaftaran pengisian dengan cara menulis manual, tahun ini kita diharuskan menggunakan aplikasi untuk proses pemeriksaan kesehatan ini.

Aplikasi yang digunakan adalah Simple Pol, aplikasi ini bisa diunduh di smartphone Android melalui Play Store. Untuk menggunakan aplikasi ini anda diwajibkan dulu untuk melakukan registrasi dan konfirmasi kode OTP yang dikirim melalui WhatsApp. Pada saat proses registrasi kita diminta untuk mengisi data diri yang berisikan nama, alamat, NIK KTP, tempat tanggal lahir dan beberapa data lainnya.

Setelah melakukan proses registrasi, kita bisa melanjutkan ke proses test kesehatan. Sebelum test kesehatan dilakukan kita diminta untuk memilih proses yang akan kita lakukan, apakah itu pembuatan SIM baru, perpanjangan SIM atau kehilangan SIM. Kemudian kita juga harus memilih jenis SIM apa yang akan kita proses. Kemudian baru kita bisa melakukan test kesehatan. Tahapan untuk test kesehatan ini ada dua tahap, pertama kita harus mengisi data dasar yang berupa data berat badan, tinggi badan, riwayat penyakit, dan beberapa data lainnya. Tak hanya itu, di tahap pertama ini kita juga diwajibkan mencantumkan foto setengah badan dan foto gigi.

Tahap kedua kita akan dihadapkan dengan test buta warna dan test pendengaran. Untuk test buta warna ada sepuluh soal test yang harus kita jawab, seperti pada umumnya test buta warna kita akan disuguhi gambar dengan pola warna yang di dalamnya ada angka, gambar binatang dan gambar rambu lalulintas yang disamarkan. Untuk test pendengaran kita diharuskan untuk mendengarkan suara/audio dari smartphone kita kemudian menganalisa sesuai dengan soal yang ada. Ada lima soal yang harus kita jawa di test pendengaran ini. Di test pendengaran ini lebih baik kita menggunakan ear phone agar hasilnya lebih akurat.

Setelah kedua tahap test selesai, kita akan diminta untuk memilih lokasi dan jadwal kedatangan test dan pilihan pembayaran untuk test kesehatan ini. Tentunya lokasi dan jadwal kedatangan ini menyesuaikan dengan lokasi kita. Untuk pembayarannya bisa memilih pembayaran langsung atau menggunakan virtual payment LinkAja. Kemudian ada QR Code barcode yang harus kita tunjukkan ke petugas klinik untuk mencetak surat keterangan sehat yang wajib ada di persyaratan perpanjangan SIM.

Test Psikologi

Tahapan test psikologi ini efektif diwajibkan ada mulai tahun 2020 kalau tidak salah, namun untuk tahapan ini jujur saya skip saja. Karena apa? ya, karena saya mencari jalan pintas, hehehe. Bukan karena apa, tapi memang ada orang yang tiba-tiba datang dan menawarkan membantu untuk test psikologi ini, hemat waktulah, tinggal menunggu saja lalu surat keterangan psikologi sudah bisa di dapat.

Setelah test kesehatan dan psikologi lengkap, kita tinggal menuju loket pendaftaran untuk mengisi formulir layanan. Data yang dibutuhkan adalah data diri kita seperti nama, jenis kelamin, alamat dan sebagainya. Setelah data lengkap kita harus mengumpulkan data tersebut ke petugas pendaftaran, kemudian kita akan mendapatkan nomer antrian identifikasi diri serta kita harus membayar ke loket BRI yang sudah ada.

Untuk pembayaran ini sesuai dengan jenis layanan yang kita lakukan, perpanjangan SIM atau pembuatan SIM baru dan tarifnyapun berbeda-beda. Setelah pembayran selesai kita tinggal menunggu dipanggil untuk indentifikasi.

Tahap Identifikasi

Dalam tahap identifikasi ini kita diwajibkan untuk melakukan perekaman data sidik jari, tanda tangan dan foto diri. Bagi teman-teman yang menemukan kesalahan data di SIM nya, pada tahap inilah kita bisa melakukan perubahan data. Kita cukup sampaikan kepada petugas jika ada data yang salah. Yang saya alami sendiri adalah adanya salah cetak nama untuk SIM A saya, ada perbedaan satu huruf dengan yang ada di KTP pada saat pembuatan dulu. Dan saat perpanjangan SIM ini saya meminta untu dibetulkan.

Setelah tahap identifikasi selesai kita tinggal menunggu SIM kita dicetak.

Kesimpulan dan Ringkasan

Biaya yang diperlukan untuk proses perpanjangan SIM ini kurang lebih sebagai berikut :

  1. Foto Copy, Map dan Ballpoint Rp. 6000
  2. Test Kesehatan Rp. 30.000
  3. Test Psikologi Rp. 70.000
  4. Pembayaran SIM Perpanjangan A,B1,B2 dan umum Rp. 80.000. SIM C Rp. 75.000. SIM D dan D1 Rp. 30.000. Jika pembuatan baru SIM A,B1,B2 dan umum Rp. 120.000. SIM C Rp. 100.000. SIM D dan D1 Rp. 50.000
  5. Biaya parkir dan jasa variatif.

Meskipun dalam kondisi pandemi, pelayanan SIM tetap dilakukan seperti biasa, namun menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku. Saran dan tips untuk temen-temen dari pengalaman yang saya alami, lebih baik kita datang pagi agar tidak terlalu ramai, siapkan apa yang bisa dibawa dari rumah seperti ballpoint ataupun berkas yang perlu difoto copy agar bisa mempersingkat waktu. Siapkan uang pecahan agar tidak ribet saat pembayaran, karena membaya dengan uang pas bisa membuat kita menghemat waktu.

Demikian sharing pengalaman mengurus perpanjangan SIM di Boyolali, semoga bermanfaat untuk temen-temen semua. Terimakasih sudah bersedia membaca, wassalamualaikum.

VPN Serbaguna Menggunakan Mikrotik dan OpenVPN

Assalamualaikum Teman-Teman. Masa pandemi membuat kebutuhan koneksi VPN meningkat, banyak yang tiba-tiba harus menyediakan VPN walaupun dengan koneksi seadanya. Banyak yang butuh tetap terhubung dengan jaringan kantor walaupun sedang work from home. Ada bermacam cara yang bisa dilakukan untuk tetap terhubung ke jaringan kantor walupun dari jarak jauh dengan bermodalkan koneksi internet. Ada yang bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan remote, maupun untuk membuat VPN, atau bisa menggunakan router bagi yang sudah familiar. Saya termasuk pengguna router, baik untuk koneksi di rumah maupun untuk di tempat kerja saya. Router yang saya gunakan adalah router dengan merk Mikrotik. Berikut saya akan berbagi cara membuat VPN serbaguna Menggunakan Mikrotik dan OpenVPN

Sebetulnya VPN ini tidak hanya berguna untuk remote koneksi, tapi bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan jaringan lokal antar lokasi melalui koneksi internet. Bagi saya VPN ini saya gunakan lebih kearah kebutuhan koneksi darurat maupun koneksi aman bagi beberapa sistem yang kami gunakan. Jika anda sudah memiliki internet dan router mikrotik, maka kita siap untuk membuat server VPN anda sendiri.

Apa yang diperlukan dan yang bisa digunakan untuk VPN ini ?

Untuk membangun VPN server ini yan utama dibutuhkan adalah router mikrotik dengan fitur ip cloud dan koneksi internet, lebih baik jika koneksi internetnya sudah memiliki static public ip. Mikrotik sudah menyediakan beberapa protocol VPN yang disupport antara lain, PPTP, L2TP, SSTP, OVPN. Anda bisa menggunakan protocol VPN yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan adalah support dari provider internet yang digunakan untuk protocol VPN tersebut. Karena beberapa protocol VPN sudah tidak disupport lagi karena alasan keamanan.

Selain itu pertimbangan lainnya adalah kemudahan user untuk konfigurasi dan menggunakan VPN tersebut. Dan tentunya pertimbangan yang lebih utama adalah fitur keamanannya. Percuma jika kita sudah menggunakan VPN namun koneksinya tidak dienkripsi, sehingga masih rawan kebocoran data.

OpenVPN atau OVPN menjadi salah satu pilihan tepat jika anda ingin membuat server VPN sendiri. OpenVPN bisa digunakan di berbagai OS. Linux, Windows, Mac mendukung protocol VPN OpenVPN, dan tentunya protocol ini sudah dilengkapi dengan beberapa pilihan enkripsi dan certificate pairing.

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat server OpenVPN di Mikrotik?

  1. Setup IP Cloud Jika Tidak Memiliki IP Public Static
  2. Setup Server & Client Certificate
  3. Setup IP Address & IP Pool
  4. Setup PPP Profiles
  5. Setup PPP Secret
  6. Setup OVPN Server
  7. Membuat Konfigurasi Koneksi Untuk Client VPN
  8. Koneksi Dari Client

Setup IP Cloud Jika Tidak Memiliki IP Public Static

Bagi yang memiliki internet tanpa IP Public statis, kita bisa menggunakan fitur IP Cloud yang sudah disediakan di sebagian besar router board mikrotik. Kita bisa mengecek di menu “IP – Cloud” melalui winbox ke router kita, apabila menu ini tersedia berarti kita bisa mendapatkan IP Cloud secara gratis. Namun perlu diketahui juga, di beberapa ISP harus ada perubahan di modem/device atau di settingan ISP agar fitur ini bisa digunakan.

Setup Server & Client Certificate

OpenVPN bisa dikonfigurasi tanpa ataupun menggunakan certificate, namun untuk pertimbangan keamanan lebih baik jika kita menggunakan certificate. Ada tiga certificate yang harus kita buat untuk OpenVPN yaitu, CA sebagai certificate utama, Server certificate sebagai certificate untuk sever OpenVPN dan Client certificate untuk client yang akan terhubung ke server.

a. Membuat CA certificate

Menggunakan Winbox masuk ke “ System – Certificate “ kemudian klik tanda +

Di New Certificate tab General isi bagian Name, Country, State, Locality, Organization,Unit, Common Name, dan pastikan Key Size & Days Valid diisi

Pada Tab Key Usage, Thick/centang “crl sign”, “data enchiperment”, “key cert. Sign”. Kemudian klik “Apply” lalu “Sign

Kemudian muncul form baru, pastikan pada bagian Certificate dipilih “CA”, kemudian klik“Start” . Tunggu hingga Progress nya menjadi “Done”

Jika sudah “Done” maka di list certificate akan muncul entry baru dengan keterangan KAT (private Key, Authority, Trusted)

Jika hanya KA yang muncul bukan KAT, double klik pada entry certificate tersebut lalu thick/centang pada “Trusted” di bagian tab General

b. Membuat Server & Client Certificate

Langkah untuk membuat Server & Client Certificate sama dengan membuat CA Certificate, hanya saja berbeda pada beberapa pilihan dan langkah sign certificate nya.

Untuk Server Certificate Key Usage yang dipilih ; “digital signature”, “key enchiperment”, “key agreement”, “tls server”

Untuk Client Certificate Key Usage yang dipilih : “tls client”

Proses Sign Certificate untuk Server & Client certificate :

Pada bagian CA, pilihlah CA certificate yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah proses sign “done” akan ada entry baru di list certificate, pastikan statusnya “KIT” jika hanya “KI” maka thick/centang “Trusted” pada tab general

c. Export CA & Client Certfificate

Setelah selesai membuat tiga certificate tersebut, kita harus meng-export dua certificate yang akan dibutuhkan client untuk koneksi ke server VPN yaitu CA & Client certificate. Buka CA certificate yang ada di list certfificate, lalu klik “Export”

Kemudian akan muncul form baru, pastikan Certificate sudah benar dipilih CA, kemudian klik “Export”

Cek di File List, certificate akan muncul disitu

Setelah CA Certificate berhasil di expor, kita lanjutkan untuk export Client certificate. Caranya hampir sama dengan Export CA certificate, hanya saja pada saat export kita perlu mengisikan “Export Passphrase

Setelah selesai akan didapati tiga file yaitu dua file dengan tipe file .crt dan satu file dengan tipe file .key ketiga file inilah yang akan digunakan Client untuk koneksi ke server VPN

Setup IP Address & IP Pool

Buatlah sebuah interface bridge tanpa member port, kemudian buat IP Address dengan menggunakan interface bridge tersebut. Kemudian buatlah IP Pool sesuai dengan IP Address yang dibuat sebelumnya.

Setup PPP Profiles

Melalui menu “PPP – Profiles – Add” isikan name, isikan Local Address, isikan Remote Address, pilih pool ip yang sudah
dibuat sebelumnya

Setup PPP Secret

Melalui menu “PPP – Secret – Add” isikan Name, isikan Password, pilih Service “ovpn”, Pilih Profile sesuai dengan profile yang sudah dibuat sebelumnya

Setup OVPN Server

Melalui menu “PPP – Interface” klik “OVPN Server” Thick/Centang “Enabled”. Tentukan portnya atau gunakan default “1194” , Pilih Server Certificatenya, Thick/Centang “Require Client Certificate”, Pilih Chipher yang digunakan

Membuat Konfigurasi Koneksi Untuk Client VPN

Konfigurasi untuk OVPN Client bisa dibuat dengan format text yang disimpan dengan tipe file .ovpn yang kemudian bisa diimport melalui program OpenVPN Client atau network manager. Sebagai contoh konfigurasinya seperti berikut :

client
dev tun
proto tcp-client
remote <ip server OVPN>
port 1194 <port yang digunakan>
nobind
persist-key
persist-tun
remote-cert-tls server
ca cert_export_CA.crt <File CA Certificate>
cert cert_export_Client.crt <File Client Certificate>
key cert_export_Client.key <File Key Client Certificate>
verb 4
mute 10
cipher AES-256-CBC
auth SHA1
askpass pass <passphrase yang digunakan untuk export Client Certfificate>
auth-user-pass secret <file yang menyimpan user & password yang dibuat di PPP secret>
redirect-gateway def1 <untuk membelokkan gateway ke server VPN>
auth-nocache
route-method exe
route-delay 2
route 192.168.100.0 255.255.255.0 <untuk menambahkan route secara manual>

Koneksi Dari Client

Untuk pengguna Sistem Operasi Windows, bisa menggunakan aplikasi OpenVPN client yang bisa didownload dari situs resmi OpenVPN di halaman ini. Untuk pengguna Linux & Mac OS, OpenVPN sudah menjadi salah satu protocol koneksi yang didukung yang biasanya sudah ada di pilihan konfigurasi network VPN. Setelah melakukan installasi, configurasi yang dibuat sebelumnya bisa langsung diimport

Terimakasih sudah bersedia membaca artikel sharing yang saya buat kali ini, semoga bermanfaat.

Dengan SAPIDUKCAPIL Boyolali, urus KTP lebih mudah

Dengan SAPIDUKCAPIL Boyolali, urus KTP lebih mudah

Assalamualaikum teman-teman semua, mengurus dokumen atau surat-surat kependudukan memang terkadang membuat enggan dan malas. Ribetnya, antrinya, banyaknya syarat membuat kita sering kali menunda-nunda untuk mengurusnya. Namun seiring dengan kemajuan teknologi dan kondisi pandemi seperti saat ini, banyak layanan masyarakat yang berubah menjadi semakin mudah. Contohnya pajak kendaraan online, dan yang baru saja rtbwebid rasakan adalah kemudahan mengurus KTP rusak dengan SAPIDUKCAPIL Boyolali.

rtbwebid tinggal di Boyolali, asli orang Boyolali, sudah dari lama KTP milik rtbwebid rusak. Bagian yg berisikan cetakan tulisan identitas mengelupas, yang kemudian terpasa ditempel dengan lakban plastik bening. Tak beda jauh dengan kondisi KTP milik istri tercinta, malahan lebih parah punya istri, karena KTP sempat kena setrikaan, sehingga kartunya menekuk-nekuk tidak jelas.

Minim info membuat rtbwebid dan istri malas untuk mengurus KTP yang rusak ini, apalagi banyak kabar burung yang mengatakan cetak KTP susah, materialnya telat, nunggunya lama. Terlebih sempat ingat bahwa ibunda rtbwebid juga mengalami hal yang sama, ketika harus mengubah KTP ibunda hanya mendapatkan surat keterangan, belum mendapatkan KTP aslinya.

Namun akhir tahun 2020 ini istri rtbwebid mulai berfikir untuk mengurus KTPnya yang rusak, kemudia ia bertanya pada temannya yang bekerja di pemerintahan kabupaten Boyolali. Dan ternyata, sekarang urusan urus mengurus KTP, AKTE Kelahiran, KIA, Akta Kematian, Surat Pindah bisa dilakukan secara online. Pemerintah Boyolali memiliki sistem yang bernama SAPIDUKCAPIL yang merupakan kependekan dari Sistem Administrasi Pelayanan dan Informasi Kependudukan Pencatatan Sipil Online.

Sistem Administrasi Pelayanan dan Informasi Kependudukan Pencatatan Sipil Online

Sistem ini merupakan sistem yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali. Sistem online ini ditujukan untuk warga Kabupaten Boyolali, beberapa syarat agar bisa mendaftar ke sistem ini antara lain, Warga dengan usia 17 tahun keatas. Kenapa? karena syaratnya harus sudah memiliki NIK, selain itu nomer HP yang aktif juga dibutuhkan untuk verifikasi. Email juga dibutuhkan untuk pengiriman notifikasi sistem ini.

Untuk tata cara pendaftarannya teman-teman bisa langsung membaca di website SAPIDUKCAPIL. Di artikel ini rtbwebid akan sedikit bercerita tentang pengalaman menggunakan SAPIDUKCAPIL ini. Ada dua hal yang sudah rtbwebid lakukan yaitu, pencetakan ulang KTP karena rusak dan pembuatan KIA (Kartu Identitas Anak).

Pencetakan Ulang KTP Karena Rusak

Syarat apa yang dibutuhkan untuk cetak ulang KTP ini ? Yang pertama, tentu saja kita harus sudah mendaftar di SAPIDUKCAPIL. Kemudian siapkan foto/scan dari KTP yang rusak dan foto/scan Kartu Keluarga. Kemudian masuk ke SAPIDUKCAPIL dan pilih layanan/pengajuan KTP Elektronik, kemudian silakan pilih NIK mana yang akan dicetak ulang KTPnya. Kemudian kita akan diminta mengunggah file foto KTP yang rusak dan foto Kartu Keluarga.

Setelah data berhasil diunggah, kita akan mendapatkan notifikasi bahwa laporan kita diterima. Kemudian kita tinggal menunggu proses verifikasi selesai dan jika pengajuan kita diterima, maka status akan berubah menjadi “KTP Elektronik siap diambil di Dispendukcapil Kab. Boyolali” . Atau status akan berubah jika data ada yang kurang atau tidak benar.

Jika status sudah menjadi “KTP Elektronik siap diambil di Dispendukcapil Kab. Boyolali” maka kita bisa ambil KTP Elektronik di Dispendukcapil Boyolali. Tetapi, kita harus melakukan reservasi online melalui aplikasi “Sapidukcapil 24 Hours Mobile” yang bisa diunduh di play store bagi pengguna Android. Nah di aplikasi ini, kita harus mendaftarkan lagi, karena datanya tidak mengambil langsung dari SAPIDUKCAPIL web. Karena saat ini aplikasi ini masih ditujukan sebatas untuk reservasi antrian secara online. Apabila sudah melakukan reservasi online, maka kita tinggal menunggu nomer antrian kita dipanggil.

KIA (Kartu Identitas Anak)

Untuk mengurus KIA, dokumen yang perlu disiapkan antara lain, foto Akta Kelahiran, foto Kartu Keluarga, foto Form Permohonan KIA yang sudah diisi (form bisa didownload dari SAPIDUKCAPIL), foto KTP Eleketronik orang tua (Ayah & Ibu) dan Foto Anak (jika anak sudah berusia 5 tahun atau lebih).

Semua dokumen tersebut diunggah melalui web SAPIDUKCAPIL, jika sudah lengkap maka kita tinggal menunggu status menjadi “Sudah Masuk SIAK” dan kita tinggal melakukan reservasi online untuk mengambil KIA di Dispendukcapil Boyolali.

Dengan adanya layanan online ini rtbwebid merasa sangat terbantu, semoga sistem dan layanannya semakin ditingkatkan, agar masyarakat Boyolali bisa lebih mudah dalam mengurus dokumen KTP, Akta Kelahiran dan lain-lainya.

5 Tips Memilih Helm Sepeda Motor Yang Tepat Sebelum Anda Kecelakaan

5 Tips Memilih Helm Sepeda Motor Yang Tepat Sebelum Anda Kecelakaan

Assalamualaikum teman-teman semua, helm adalah pelindung berkendara yang diletakan di kepala ketika berkendara. Selain untuk melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk menjaga pandangan supaya tetap fokus dari gangguan yang menghalangi saat berkendara.

Sampai saat ini helm adalah peralatan wajib yang harus dipakai untuk mematuhi peraturan lalu lintas berkendara, khususnya di kota besar. Sehingga memakai helm menjadi tuntutan untuk bisa berkendara dengan leluasa.

Banyaknya jenis helm yang dijual di pasaran membuat Anda bingung dalam memilih helm yang  tepat sesuai kebutuhan, terutama dalam menentukan helm mana yang bisa membuat Anda tetap aman saat berkendara dan aman jika terjadi kecelakaan.

Artikel ini akan membahas 5 tips memilih helm sepeda motor yang tepat sebelum Anda mengalami kecelakaan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Sesuaikan Helm Sesuai Kebutuhan

Helm yang bagus dianggap sebagai helm yang digunakan sesuai kebutuhan. Artinya bahwa helm tersebut dipilih dengan tepat dan menghindari Anda dari kecelakaan. Sebagai contoh, bila Anda ingin melakukan touring atau melakukan perjalanan hanya di dalam kota dengan menggunakan sepeda motor, maka pilihlah helm yang half face.

Kedua, bila Anda ingin menggunakan sepeda motor dengan tujuan pergi ke tempat yang jauh, maka pilihlah helm yang full face. Hal ini dikarenakan helm full face cenderung lebih aman saat digunakan dan melindungi seluruh bagian kepala Anda.

Memilih helm harus sesuai dengan kebutuhan dengan mengetahui tipe-tipe yang dijual di pasaran.

Helm Half Face atau Full Face, silahkan sesuaikan
Designed by Freepik

2. Pastikan Helm Bersertifikat SNI

Hal mutlak yang harus Anda perhatikan adalah bahwa pilih helm yang memiliki sertifikat SNI. Helm yang memiliki sertifikat SNI biasanya sudah memiliki keamanan yang sudah terjamin di dalam skala nasional.

Bila Anda meragukan kualitas SNI, Anda juga bisa memilih helm dengan terdapat label DOT atau Snell di dalamnya. Helm dengan label tersebut juga tidak kalah dengan label SNI yang aman dan membuat Anda aman dari kecelakaan saat berkendara dengan sepeda motor. 

3. Pilih Helm yang Berkaca Netral

Memiliki helm yang memiliki kaca cembung atau cekung ternyata dianggap berbahaya saat berkendara. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pilihlah helm yang memiliki kaca yang netral di dalamnya.

Kaca netral pada helm mampu dalam memberikan pandangan objek di depan dan di sekeliling pandangan dengan cara yang akurat. Inilah mengapa penting untuk membeli kaca netral pada helm terlepas apapun jenis helm yang akan digunakan. 

Helm dengan kaca netral

4. Usahakan Helm Memiliki Strap yang Kuat

Strap pada helm juga patut dipertimbangkan untuk membuat Anda aman saat berkendara. Tali pengikat atau strap dalam helm adalah tali yang bertujuan untuk membuat helm tidak mudah lepas saat Anda berkendara.

Agar Anda aman saat memakai helm, pilih strap yang kuat, tidak mudah lepas dan mudah saat dikunci. Hal lain yang perlu diperhatikan juga bahwa jangan sampai tali pengikat atau strap yang digunakan mencekik Anda dan membuat tidak nyaman saat berkendara. Ini juga bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara dan berbahaya jika dibawa.

DD Ring dipercaya lebih aman dari tipe strap yang lain

5. Periksa Helm yang Sejuk saat Dipakai

Helm yang panas juga dapat mengganggu Anda saat berkendara, dan bisa-bisa menyebabkan kecelakaan. Pilihlah helm yang sejuk saat dipakai dengan melihat ketersediaan ventilasi di dalam helm.

Helm dengan ventilasi yang baik biasanya terdapat pada celah-celah yang ada di dalam helm. Celah-celah ini tidak hanya mampu untuk memberikan angin sejuk, tetapi juga memberikan lubang suara agar bisa mendengar suara lain, khususnya bunyi klakson serta kode saat berkendara.

Catatan

Ada cara lain yang dapat Anda lakukan supaya dapat memilih helm supaya Anda tidak mengalami kecelakaan. Beberapa di antaranya seperti pastikan ukurannya pas di kepala Anda, perhatikan berat helm supaya jangan memilih helm yang terlalu berat, dan pertimbangkan untuk membeli helm dengan merek yang sudah dikenal banyak orang.

Dengan mengikuti keseluruhan tips, setidaknya Anda akan mendapatkan helm terbaik sehingga perjalanan Anda mulus tanpa mengalami kecelakaan. Di balik itu semua, berkendaralah dengan hati-hati, agar Anda tambah mulus dan aman saat berkendara dengan sepeda motor.

Itulah kelima tips dalam memilih helm yang tepat agar aman dan terhindar dari kecelakaan Tetap gunakan helm dan selalu waspada saat berkendara. Selamat mencoba keseluruhan tipsnya!

Review Microphone Murah Untuk Vlog Riding dengan GoPro Hero 5 & 7

Assalamualaikum teman-teman semua, kali ini rtbwebid akan berbagi pengalaman mengenai pemakaian mic clip on murah untuk ngevlog saat riding dengan action camera GoPro Hero 5 & GoPro Hero 7. Tentunya microphonenya dikombinasikan dengan GoPro Mic Adapter, karena GoPro Hero 5 & 7 tidak memiliki port audio langsung, harus menggunakan converter khusus dari usb type C ke audio jack 3,5 inch.

Ngevlog saat riding memang gampang-gampang susah, kita harus mengatur posisi kamera di helm atau badan rider agar mendapatkan point of view yang pas. Selain itu kita juga harus bisa menghasilkan suara yang bagus. Saat ngevlog sambil riding pastinya kita ingin membuat penikmat video kita bisa menikmati suara kita (voice) dan suara di sekitar kita(motor atau kendaraan lain) saat kita riding .Salah satu usaha untuk menghasilkan kualitas rekaman yang bagus adalah dengan mencoba beberapa merk clip on microphone.

rtbwebid mencoba membeli beberapa tipe mic clip on, dimana semuanya memiliki range harga di bawah dua ratus ribu rupiah, dan yang paling mahal hanya sekitar seratus tujuh puluh ribu rupiah. Beberapa microphone clip on yang sudah rtbwebid coba antara lain :

Dari semua microphone tersebut, berikut rtbwebid paparkan hasilnya,

Boya BY-M1

Clip On microphone Boya BY-M1 ini termasuk merk dan tipe clip on yang memiliki kualitas lumayan untuk recording. Namun ternyata clip on ini kurang cocok untuk digunakan di action camera. Boya BY-M1 ini memiliki konektor TRRS, yang memiliki switch untuk pemilihan penggunaan untuk camera atau untuk smartphone. Untuk sambungan langsung ke GoPro mic adapter tidak ada masalah, tinggal arahkan switchnya ke camera saja langsung bisa dipakai.

Namun mic ini sangat peka terhadap suara, jadi saat nada tinggi membuat hasil rekamanya patah-patah, sehingga mic clip on Boya BY-M1 ini tidak cocok digunakan untuk ngevlog sambil riding. Selain itu, mic ini juga membutuhkan baterai agar bisa digunakan untuk merekam dengan mode camera, dan tidak ada indikatornya jika baterainya mulai lemah, jadi bisa saja membuat kita kelupaan untuk mengecek kondisi baterainya. Selain itu panjang kabel dan adanya switch membuat mic ini susah disembunyikan di helm.

Boya BY-M1

Arimic Ulanzi Pro Lavalier Microphone

Ada beberapa tipe mic dengan merk Arimic Ulanzi, namun yang rtbwebid coba adalah Arimic Ulanzi Pro Lavalier Microphone yang memiliki panjang kabel kurang lebih 6 meter. Mic clip on ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan clip on lainya, dimana kepala micnya menyerupai mic normal pada umumnya. Arimic Ulanzi Pro ini memiliki konektor TRRS sehingga membutuhkan adapter/converter TRRS to TRS agar bisa digunakan dengan GoPro mic adapter.

Mic ini layak dipertimbangkan untuk digunakan ngevlog saat riding dengan Action Camera GoPro. Kenapa? karena clip on ini bisa menghasilkan rekaman suara yang bagus di GoPro. Voice kita bisa direkam dengan baik dan suara disekitar kita juga bisa masuk ke rekaman. Meskipun kabelnya memiliki panjang 6 meter, namun kabel ini masih sangat mudah untuk disembunyikan di bawah busa helm. Minusnya clip on ini pada nada tinggi rekamanya agak pecah, namun masih bisa ditolerir.

Ulanzi Arimic

Costa Microphone 3.5mm TRRS

Mic clip on ini merupakan clip on yang pertama kali rtbwebid beli, saat itu rtbwebid menggunakan smartphone untuk merekam voice saat ngevlog, karena belum membeli GoPro Mic Adapter. Clip on ini menghasilkan rekaman suara yang lumayan di smartphone, namun entah kenapa saat rtbwebid coba dengan GoPro Mic Adapter clip on ini tidak bisa dipakai. Clip On ini memiliki tipe konektor TRRS, rtbwebid sudah mencoba menggunakan converter TRRS to TRS namun tetap saja tidak bisa digunakan. Kemungkinan mic ini memiliki jenis TRRS yang berbeda, dan butuh converter lagi.

Costa Microphone TRRS

Reccam LV-06 Mic Clip On TRS 3 Pole 3.5mm

Clip On Reccam LV-06 ini memiliki bentuk kepala mic yang sedikit lebih besar dibanding dengan clip on pada umumnya. Clip on ini memiliki tipe konektor TRS yang bisa langsung disambungkan ke GoPro Mic Adapter. Panjang kabelnya sekitar 2 meter, sehingga mudah untuk dipasang di dalam helm.

Clip on ini menghasilkan rekaman yang lumayan di GoPro, namun memiliki kekurangan di kualitas suaranya yang kurang stereo. Maksudnya, hasil rekaman dari clip on ini terasa memiliki volume yang berbeda jika dibandingkan antara channel kiri dan kanan. Dan ini sangat terasa ketika kita mendengarkan suaranya menggunakan headset/earphone.

Reccam LV-06

Microphone Mic Clip On 3.5mm Lavalier

Clip on ini juga layak dipertimbangkan untuk dicoba, kabelnya tidak terlalu panjang, kurang lebih 175 cetimeter. Mudah untuk ditempatkan di dalam helm. Kualitas hasil rekaman lumayan bagus. Tipe konektornya TRS, sehingga bisa langsung digunakan dengan GoPro mic adapter. Namun mungkin clip on yang saya beli ini cacat atau bagaimana, kalau dipakai rekam agak lama ada suara pletak-pletak di hasil rekamanya.

Microphone Mic Clip On 3.5mm Lavalier

Kesimpulan

Dari sekian clip on yang rtbwebid coba, rtbwebid merekomendasikan Arimic Ulanzi Pro Lavalier Microphone & Reccam LV-06 Mic Clip On TRS 3 Pole 3.5mm untuk teman-teman yang ingin mencoba. Harganya tidak terlalu mahal dan mudah digunakan dengan GoPro mic adapter, selain itu hasil rekaman suaranyapun lumayan bagus.

Untuk hasil rekamanya bisa disimak di channel youtube saya rtbwebid

Sekian Review Microphone Murah Untuk Vlog Riding dengan GoPro Hero 5 & 7 dari rtbwebid semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Wassalamualaikum.

Artikel bermanfaat lainnya :

Video Footage #1 – Gagal Nanjak ke Embung Manajar Selo – Ridernya Cemen

Sunmori 5 Juli 2020 bersama Pak Eko satuaspal.com disusul Ki Salim menuju Embung Manajar, Selo, Boyolali. Namun perjalanan tidak jadi diteruskan, karena rtb lemah, gak kuat nanjak. Perjalanan dilanjutkan sarapan & ngobrol di warung City Woman, pasar Selo, Boyolali.

Sunmori pengobat rindu di era New Normal Pandemi, cukup mengobati kerinduan riding dan bisa bertemu dengan teman-teman dari JatengMotoBlog, walaupun hanya bertiga saja.

Semoga kondisi bisa segera pulih dan semua bisa normal seperti sedia kala, sehat selalu untuk teman-teman pembaca dan teman-teman JatengMotoBlog.

me, my soul & my ride √√√

Exit mobile version