Yamaha XJR1300 Flat Tracker Hasil Project VR|46

Mas Bro Gan Sob, Valentino Rossi ternyata memiliki Yamaha XJR1300 Flat Tracker Hasil Project VR|46. Motor yang di bangun spesial untuk Rossi oleh rekan-rekannya di VR|46. Yamaha XJR1300 mungkin bukan tipe motor yang difavoritkan untuk dijadikan basis suatu proyek kustom. Motor ini tergolong motor generasi tua, yang mungkin tidak terlalu menarik untuk dijadikan bahan kustom.

Selain itu Yamaha XJR1300 yang berukuran besar dan kekar ini sepertinya tidak cocok untuk dijadikan motor flat tracker. Namun, crew VR|46 berhasil memodifikasi motor tersebut menjadi flat track yang didesain khusus untuk Valentio Rossi. Yamaha XJR1300 Flat Tracker ini mereka sebut dengan nama “Mya”.

Motor ini merupakan salah satu hasil kreasi dari Rodolfo Frascoli, seorang yang juga mendesain motor konsep Suzuki Katana 3.0. Dan ia juga sudah pernah bekerja sama untuk mengerjakan beberapa motor Yamaha.

Motor kustom ini selain mengalami perubahan total dari bentuk aslinya, ada beberapa parts yang mencolok. Antara lain, headlamp yang mengadopsi dari Yamaha YZF R1, Suspensi Ohlins, dual knalpot merk Akrapovic 4-2-1-2. Velg 19 inch yang dibalut dengan ban model tracker.

Perubahan penampilan dari Yamaha XJR1300 tersebut sangatlah drastis, motor yang aslinya sedikit beraroma cruiser ini berubah total menjadi model flat tracker. Motor ini mengkombinasikan gaya retro dan modern. Boleh dibilang kehadiran “Mya” ini seperti penyegaran dari suatu produk yang sudah terlupakan.

Daripada penasaran, langsung disimak saja mas bro gan sob,

sumber : asphaltandrubber.com

baca juga :

10 Kegunaan Dari Pelumas Serba Guna

Mas Bro Gan Sob pemilik sepeda motor pasti sudah tidak asing dengan pelumas serba guna kan? Ini lho 10 Kegunaan Dari Pelumas Serba Guna tersebut. Mungkin Mas Bro Gan Sob asing mendengar kata pelumas serba guna, namun ketika saya menyebut WD-40, Rexco, Kit, Chain Lube mungkin saja mas bro gan sob baru paham apa yang saya maksud.

Nah Mas Bro Gan Sob, beberapa merk pelumas serba guna kadang mengkhususkan produk mereka untuk perawatan bagian tertentu. Seperti Chain Lube, biasanya kita akan terpaku untuk menggunakannya hanya untuk melumasi rantai saja. Namun mas bro gan sob bisa memanfaatkannya untuk yang lain juga.

Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk berbagi tentang penggunaan pelumas serba guna ini, kurang lebih ada 10 kegunaan dari pelumas serba guna yang saya rangkum, langsung disimak saja mas bro gan sob.

1. Melepas baut yang macet

Biasanya jika terlalu kencang dalam pemasangan baut atau baut sudah berkarant pasti akan susah dibuka. Nah, mas bro gan sob kita bisa gunakan pelumas serba guna itu untuk melumasi baut sebelum dibuka, tapi jangan berlebihan ya, salah-salah malah kunci yang mau dipakai membuka malah slek karena terlalu licin.

2. Melumasi Footstep yang macet atau susah dibuka

Cukup dengan menyemprotkan dibagian pinggiran atau dibagian as footstep, footstep bisa dibukan dengan mudah lagi.

3. Melindungi part yang terbuat dari karet

Parts karet yang dimaksud adalah parts karet yang dijepit atau mengalami kontak langsung dengan besi. Misalnya selang rem, biasanya selang rem ikut bergerak ketika shock bekerja, dan ada bagian selang yang dijepit, nah bagian ini bisa jadi rawan robek karena gesekan. Untuk meminimalisir resiko ini mas bro gan sob bisa menggunakan pelumas serba guna ini.

4. Melumasi bagian yang berdecit

Biasanya bagian yang memiliki kerja seperti engsel pasti akan sering mengeluarkan bunyi jika aus atau kotor. Misalnya pada bagian link shock breaker jika tidak dilumasi biasanya akan mengeluarkan bunyi berdecit yang menggangu.

5. Melumasi lubang kunci ataupun tutup tangki dan kunci jok

Pengalaman saya, kadang kunci susah diputar meskipun sudah masuk ke lubang kunci sempurna. Akhirnya disemprot dengan pelumas serba guna ini bisa normal lagi. Yang lebih parah lagi bisa saja mas bro gan sob kesulitan membuka tutup tangki karena kuncinya macet. Ini biasanya sering terjadi untuk motor yang sering diparkir di parkiran terbuka dan sering kena air hujan. Air hujan meresap masuk ke lubang kunci lalu mengedap dan menimbulkan karat. Kalau saya biasanya langsung saya semprot dengan pelumas serba guna ini melalu lubang kuncinya

6. Mengilangkan sisa-sisa air pada sistem kelistrikan

Setelah mencuci motor atau kehujanan, biasanya air tidak akan langsung kering begitu saja. Untuk mengurangi resiko korsleting kita bisa menggunakan pelumas serba guna ini dengan cara disemprotkan di bagian konektor aki, socket atau sambungan kabel. Namun lebih baik lagi jika menggunakan contact cleaner.

7. Menghilangkan sisa-sisa lem dari sticker

Selain menggunakan alkohol dan tinner, cairan pelumas serba guna ini bisa digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa lem sticker yang dilepas.

8. Membersihkan dan melumasi rantai

Produk khusus untuk pelumas rantai memang sudah banyak, akan tetapi jika terpaksa mas bro gan sob bisa menggunakan pelumas serba guna ini untuk melumasi rantai setelah dibersihkan.

9. Membersihkan parts yang berkarat

Biasanya pada bagian bushing atau bearing sering kali berkarat, nah mas bro gan sob bisa menggunakan pelumas serba guna ini untuk melumasinya sementara, namun disarankan untuk menggunakan grease atau gemuk yang lebih awet untuk pelumasan.

10. Melumasi kabel kopling 

Untuk motor yang menggunakan kopling manual dengan media kabel kopling (belum hidrolik) bisa menggunakan pelumas serba guna ini untuk melumasi kabel maupun engsel tuas kopling.

Nah Mas Bro Gan Sob, itu tadi beberapa kegunaan dari pelumas serba guna yang pernah saya prakteknya, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Baca juga

Sesi Test MotoGP Valencia, Motor Baru Marquez Lebih Joss

Mas Bro Gan Sob, Sesi Test MotoGP Valencia, Motor Baru Marquez Lebih Joss. Marquez bersama dengan rekan se timnya Pedrosa dan rider tim satelit Cal Crutchlow melakukan test mesin dan sasis baru yang diberikan Honda. Marquez mengaku jika biasanya ia harus berusaha keras pada sesi test pertama dengan motor barunya termasuk tahun lalu. Namun tahun ini ia langsung mendapatkan hasil yang positif dengan motor barunya.

Marquez mengungkapkan jika biasanya setiap tahun ia selalu berusaha keras saat test, seperti tahun lalu Marquez bermasalah dengan sistem elektronik dan akhirnya harus berkutat dengan masalah elektronik. Namun tahun ini Marquez merasa senang, meskipun baru pertama kali mencoba mesin baru tersebut. Namun untuk hasil lengkapnya baru bisa dikonfirmasi bulan Februari nanti.

Marquez sempat mengalami masalah saat pertama mencoba motor prototipenya, namun menurutnya ini hal yang biasa saat tim mencoba menggunakan mesin dan sasis yang baru. Tim Repsol Honda mencoba berbagai macam settingan, dan sudah menunjukkan hasil yang lebih baik.

Namun ini tak berarti semua sudah selesai dan sempurna, mereka tetap akan melakukan test yang sama di Malaysia nanti. Marquez mengaku jika mesin baru ini memiliki kemajuan. Setiap kali mendapatkan mesin baru kami selalu berusahan untuk mendapatkan tenaga yang lebih, dan ternyata kami mendapatkan power tambahan di rpm bawah dan juga sedikit di rpm atas. Ujar Marquez kepada motorsport.com

Marquez mengaku jika mesin prototipe ini mampu mencukupi kebutuhan power, namun butuh perbaikan di sasinya. Sasis yang digunakan di sesi test ini merupakan sasis baru. Tim masih butuh keputusan mana yang lebih baik untuk digunakan. Dan sekarang tim sedang berusaha memperbaikinya agar bisa menetukan pilihan yang tepat untuk digunakan saat test di Malaysia nanti.

Baaca juga :

Lorenzo Belum Mencoba Desmosedici GP18 di Sesi Test Pasca MotoGP 2017

Mas Bro Gan Sob, Lorenzo Belum Mencoba Desmosedici GP18 di Sesi Test Pasca MotoGP 2017. Dua hari sesi testing di Valencia ternyata Ducati belum menggunakan motor versi 2018. Selama sesi test ini Ducati mengaku hanya fokus terhadap perubahan kecil saja, mereka mengkonfirmasi jika Desmosedici GP18 baru akan diperkenalkan tahun depan (2018).

Berbeda dengan yang dilakukan Honda, Honda sudah mencoba prototye mesin dan sasis yang akan digunakan untuk MotoGP 2018 nanti. Begitu juga Yamaha yang sudah mencoba senjata baru mereka di sesi testing Valencia ini.

Lorenzo berpendapat bahwa apa yang dilakukan Ducati ini sedikit ketinggalan dibandingkan musuh utamanya Honda. Seperti yang diungkapkan Lorenzo ke motorsport.com berikut.

“Mungkin kami memang sedikit terlambat dibandingkan tim lain. Saat ini tim lain sudah mencoba mesin dan sasis baru, sedangkan kami masih menggunakan yang lama”. “Honda juga terlihat sudah menunjukkan perbaikan, dan kami masih belum mendapatkan apapun yang baru”

“Karena beberapa alasan, kami sedikit terlambat dan mungkin baru akan siap nanti di Sepang satu setengah bulan lagi”. “Aku yakin sesuatu yang baru akan kami dapatkan di Sepang nanti”

Lorenzo juga menyatakan bahwa apa yang mereka coba di sesi test selama dua hari di Valencia tidak menunjukkan perubahan yang berarti. Malah menurutnya tidak lebih baik dari motor yang sebelumnya. Meskipun ia merasa tidak mendapatkan perubahan yang baik, namun Lorenzo yakin sesi test ini penting untuk memastikan semuanya bisa berjalan dengan baik.

Mas Bro Gan Sob, bisa saja Ducati masih menunggu dan mengamati tim lain. Mereka mungkin masih berhati-hati sebelum memperlihatkan motor barunya Desmosedici GP18.

sumber : motorsport.com

baca juga :