kemenangan Beruntun Lorenzo

Kemenangan Beruntun Lorenzo, Inikah Hasil Kerja Kerasnya di Ducati?

Mas Bro Gan Sob penyuka MotoGP pasti sudah mengetahui jika dua seri terakhir dari MotoGP musim 2018 ini dimenangkan oleh Lorenzo dengan gaya yang khas seperti deretan kemenangan yang pernah ia torehkan bersama Yamaha di musim 2016 lalu. Mugello dan Catalunya disikat Lorenzo dengan mulus dan sempurna, namun benarkah kemenangan beruntun Lorenzo ini merupakan buah dari hasil kerja kerasnya di Ducati?

Dari catatan yang rtb temukan di motogp.com Lorenzo termasuk pembalap yang dominan di sirkuit Mugello, dari tahun 2012 hingga tahun 2018 tercatat hanya satu kali Lorenzo tidak naik podium, yaitu pada tahun 2017 lalu. Untuk catatan podium di Mugello dari tahun 2012 bisa dilihat di tabel berikut,

TahunPembalapPodiumTeam
2012Jorge Lorenzo1Yamaha
Dani Pedrosa2Honda
Andrea Dovizioso3Yamaha
2013Jorge Lorenzo1Yamaha
Dani Pedrosa2Honda
Carl Crutchlow3Yamaha
2014Marc Marquez1Honda
Jorge Lorenzo2Yamaha
Valentino Rossi3Yamaha
2015Jorge Lorenzo1Yamaha
Andrea Ianone2Ducati
Valentino Rossi3Yamaha
2016Jorge Lorenzo1Yamaha
Marc Marquez2Honda
Andrea Ianone3Ducati
2017Andrea Dovizioso1Ducati
Maverick Vinales2Yamaha
Danilo Petrucci3Ducati
2018Jorge Lorenzo1Ducati
Andrea Dovizioso2Ducati
Valentino Rossi3Yamaha

Jika mengambil kesimpulan dari hasil balapan selama 7 tahun ini ternyata memang Lorenzo merupakan pembalap yang dominan di sirkuit tersebut. Namun tahun 2018 ini menjadi pertama kalinya Lorenzo mampu naik podium pertama diatas motor Ducatinya. Semenjak seri ke 4 musim 2018 ini nampak jika Lorenzo sudah memperlihatkan perubahan dengan motornya, meskipun baru di seri ke 6 dan ke 7 ia bisa menunjukkan hasilnya. Bisa jadi saat ini motivasi di dalam diri Lorenzo sedang memuncak, kredibilitasnya sebagai juara dunia MotoGP mulai dipertanyakan terlebih saat rekan setimnya sudah dengan jelas diperpanjang kontraknya bersama Ducati. Sementara Lorenzo nampak masih banyak menerima sindiran dan omongan yang tidak enak dari pihak Ducati. Dan puncaknya Lorenzo memilih untuk pisah dengan Ducati mulai musim depan.

Keputusan Lorenzo untuk pisah dengan Ducati ternyata diikuti dengan hasil baik di race musim 2018 ini, dua kali podium pertama berurutan dipersembahkan. Namun apa dikata, Lorenzo telah sepakat untuk bekerjasama dengan Honda di tahun 2019 nanti. Bisa jadi saat ini pihak Ducati puyeng karena Dovi yang diharapkan bisa melanjutkan trend baiknya di musim lalu malah seolah sudah kehilangan harapan di musim ini. Sementara Lorenzo yang jelas mengakhiri kontraknya dengan Ducati malah menunjukkan hasi terbaiknya.

Seri Catalunya yang kembali dimenangkan oleh Lorenzo dengan sempurna boleh dibilang juga merupakan sirkuit favorit Lorenzo, meskipun dari tahun 2012 Lorenzo hanya 3 kali naik podium di sirkuit ini. Untuk catatan lengkap hasil balapan di sirkuit Catalunya seri MotoGP dari tahun 2012 bisa disimak seperti berikut,

TahunPembalapPodiumTeam
2012Jorge Lorenzo1Yamaha
Dani Pedrosa2Yamaha
Andrea Dovizioso3Yamaha
2013Jorge Lorenzo1Yamaha
Dani Pedrosa2Honda
Marc Marquez3Honda
2014Marc Marquez1Honda
Valentino Rossi2Yamaha
Dani Pedrosa3Yamaha
2015Jorge Lorenzo1Yamaha
Valentino Rossi2Yamaha
Dani Pedrosa3Honda
2016Valentino Rossi1Yamaha
Marc Marquez2Honda
Dani Pedrosa3Honda
2017Andrea Dovizioso1Ducati
Marc Marquez2Honda
Dani Pedrosa3Honda
2018Jorge Lorenzo1Ducati
Marc Marquez2Honda
Valentino Rossi3Yamaha

Motor Ducati yang dikendarai Lorenzo saat ini merupakan motor hasil pengembangan tim Ducati dengan mempertimbangkan masukan dari Lorenzo. Lorenzo merupakan salah satu pembalap yang begitu sensitif dengan setingan motor, saat mendapatkan hasil buruk dalam balapan ia segera bisa mengutarakan kepada timnya apa yang ia alami. Setidaknya dengan dua podium pertama berurutan ini membuktikan jika kerja keras yang dilakukan Lorenzo bersama tim Ducati memperlihatkan hasil. Apakah ini nanti akan diteruskan hingga akhir musim ini, atau hanya hasil sesaat saja? kita tunggu bersama saja mas bro gan sob!

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Widget not in any sidebars

2 thoughts on “Kemenangan Beruntun Lorenzo, Inikah Hasil Kerja Kerasnya di Ducati?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *