redto-black.web.id – Gerry Salim Finish di Posisi 6 Asia Talent Cup Sepang. Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Gerry Salim dan rekan senegaranya sekali lagi berusaha menampilkan kemampuan terbaiknya di tengah kondisi lintasan yang menantang pada balapan kedua Asia Talent Cup 2017 di sirkuit international Sepang, Malaysia, Minggu (30/7). Setelah berusaha keras mempersembahkan kebanggaan bagi bangsa, Gerry Salim akhirnya berhasil menyelesaikan balap kedua ATC Sepang ini dengan finis di peringkat ke-6.
Menyusul rekan setimnya, Lucky menyelesaikan balapan ini pada posisi ke-7 dan Erfin di posisi k-8. Hasil pada balapan kedua ATC seri keempat ini mengangkat posisi Gerry menjadi peringkat 7 klasemen sementara, Lucky di peringkat 9, sementara itu Erfin naik dua peringkat menjadi posisi 10.
Gerry Salim Finish di Posisi 6 Asia Talent Cup Sepang. Hari kedua balapan ATC di sirkuit international Sepang memberikan kesulitan yang tidak terduga bagi para pembalap. Kondisi cuaca yang berubah membuat pembalap harus berusaha keras mencari set up yang tepat and beradaptasi secara cepat.
“Balapan hari ini cukup menantang. Perubahan cuaca yang drastis membuat balap berlangsung menggunakan ban basah. Lintasan ternyata berubah kering dan cuaca berubah menjadi panas. Settingan suspensi pun tidak banyak membantu. Yang bisa saya lakukan adalah berusaha tampil sebaik mungkin menghadapi kondisi tersebut. Walaupun tidak mampu naik podium lagi di balapan 2 ini, saya tetap bersyukur karena masih bisa mendapat poin. Sisa 4 race ke depan akan saya manfaatkan sebaik mungkin,” ujar Gerry Salim.
Sementara itu bagi Lucky, balapan kedua menjadi pengalaman berharga selama ATC seri keempat tersebut.
“Harus saya akui, balapan di race 2 terasa sulit. Kondisi lintasan membuat saya harus berjuang sangat kuat untuk menuntaskan balapan kali ini. Pengalaman ini menjadi bekal yang bagus untuk saya. Fokus saya saat ini adalah kembali latihan untuk mempersiapkan balap seri mendatang agar bisa tampil semakin bagus,” ujar Lucky.
Gerry Salim Finish di Posisi 6 Asia Talent Cup Sepang. Sehari sebelumnya di sirkuit yang sama, Gerry Salim menorehkan prestasi membanggakan dengan mengibarkan bendera Merah Putih dari podium ketiga. Dalam balapan ATC ini, Gerry Salim dan pembalap ATC lainnya berkompetisi menggunakan Honda NSF250R dengan karakter yang sama dengan motor yang digunakan di Kejuaraan Dunia Moto3.
General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengatakan pembalap telah menunjukkan peningkatan di setiap serinya bahkan berhasil mempersembahkan podium di balapan seri keempat ini.
“Kami bangga para pembalap muda ini menunjukkan semangat pantang menyerah menghadapi beragam kondisi lintasan sirkuit dalam meraih mimpi mereka memberikan kebanggaan bagi bangsa. Kami siap selalu untuk mendukung hal tersebut bagi generasi muda yang memiliki potensi melalui pembinaan balap berjenjang AHM,” ujar Indraputra.
Gelaran ATC kini menyisakan 2 seri. Seri selanjutnya akan diadakan pada 13-15 Oktober di Jepang dan yang terakhir pada 27-29 Oktober di Malaysia.
redto-black.web.id – Inikah New Yamaha YZF-R25 2018? Memantau blognya kang iwanbanaran.com ndilalah kok ada artikel tentang penampakan yang diduga New Yamaha YZF-R25. Namun dari keterangannya, menurut kang iwanbanaran.com ini hanya sebatas facelift saja, hanya perubahan desain saja, tidak seperti jabaran harapan saya di Rumor Spesifikasi Yamaha New R25.
Modelnya Yamaha, dari dulu sampai sekarang kalau ada produk yang susah bersaing di pasaran senjatanya main revisi. Revisi tampilan saja, entah apa yang dipikirkan Yamaha. Mungkin buat habisin stok model lama, baru mengeluarkan model baru atau bagaimana. Yang jelas, menurut saya saat ini pasaran sport fairing 250 cc dua cylinder butuh varian baru, sementara ini mungkin masih di dominasi CBR250RR.
Well, mari kita lihat saja, akankah benar ini hanya facelift atau new version. Harapan saya sih New Yamaha YZF-R25, dengan desain yang baru, mesin baru dengan assist slipper clutch, shock depan upside down, arm banana. Tapi bisa jadi ini hanyalah khayalan saya semata.
Ini Dia Juara AHM Best Student 2017. PT Astra Honda Motor (AHM) menutup rangkaian Grand Final AHM Best Student (AHMBS) 2017 dengan mengumumkan enterpreneur muda berprestasi pada awarding night di Dock 88 La Piazza, Kelapa Gading Jakarta Utara (27/7). Agenda ini menandai berakhirnya proses kompetisi yang melibatkan 26 siswa terbaik setingkat SMA yang tersaring dari 598 siswa SMA seluruh Indonesia yang telah menjalankan bisnisnya.
AHMBS yang telah memasuki tahun pelaksanaan ke-15 mengokohkan tema “The Young Smart Enterpreneur” sebagai identitasnya. Program ini memberikan apresiasi kepada siswa yang tidak hanya kreatif dalam menjalankan ide bisnisnya, namun juga cerdas dalam mengembangkannya. Mereka terpilih dari seleksi yang dibantu oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda di Indonesia dengan total peserta seleksi awal sebanyak 598 siswa dari dari 255 sekolah.
Juara AHM Best Student 2017. Dalam rangkaian Grand Final AHMBS 2017 ini, AHM memberikan pembekalan lengkap bagi para peserta. Tidak hanya melakukan proses penjurian final, AHM juga memberikan pengayaan ilmu entrepreneurship dari para ahli, benchmark langsung ke lokasi bisnis, hingga fun sport, city tour dan berwisata ke theme park.
Pengayaan ilmu wirausaha diberikan oleh Nezatullah Ramadhan, seorang sociopreneur muda nominator Kick Andy Heroes yang sukses berwirausaha dengan turut mensejahterahkan dan memberikan kesempatan pendidikan ratusan anak jalanan yang diantaranya dengan bisnis daur ulang.
Benchmark bisnis yang merupakan aktifitas baru dalam pelaksanaan AHMBS ini dilakukan dengan mengajak peserta datang langsung ke Warunk Upnormal yang merupakan salah satu restoran lokal terpopuler di Indonesia saat ini. Peserta tak hanya mendapatkan pengalaman melihat bagaimana bahan sederhana dijual secara kreatif hingga mempunyai value yang tinggi, namun juga berdiskusi langsung dengan salah satu founder dan owner Warunk Upnormal, Angga Nugraha. Siswa mendapatkan mentoring bagaimana mengelola bisnis secara kreatif dengan pemasaran masa kini dari Angga yang juga pemilik restoran Nasgor Mafia dan Bakso Boedjangan ini.
Juara AHM Best Student 2017. Selain kegiatan tersebut siswa mendapatkan kegiatan seru dengan melakukan fun sport untuk memulai pagi dengan instruktur senam profesional. Peserta juga berkesempatan untuk menikmati Jakarta melalui program city tour diantaranya berkunjung ke icon ibukota yaitu Monas. Peserta juga melepaskan ketegangan selama kompetisi dengan bermain di theme park Dunia Fantasi Ancol.
Dalam proses penjurian final di Jakarta ini, karya 26 siswa diverifikasi kembali oleh tim PPM School of Management untuk direkomendasikan urutan siswa terbaiknya. Kemudian, penjurian ditambah dengan Business Challenge Group untuk menguji mental, kreatifitas, sekaligus kemampuan teamwork peserta. 8 besar peserta dengan nilai terbaik mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi final di hadapan dewan juri yang menguji dari segala aspek baik perencanaan bisnis, visi bisnis kedepannya, manajemen operasional, keuangan, dan sumber daya dalam pengelolaan bisnis, serta dampak bisnisnya terhadap masyarakat.
Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan AHM menjadi perusahaan pelopor yang mengapresiasi siswa setingkat SMA yang telah menjalankan bisnisnya melalui ajang kompetisi nasional. Tidak hanya dituntut pembuatan business plan, siswa pun diuji kemampuannya dalam menjalankan bisnisnya tersebut. Dengan program yang cukup berbeda ini, AHM berharap untuk mampu memacu semangat generasi muda untuk tertarik mempelajari dan memulai usaha sedini mungkin tanpa mengabaikan unsur pendidikan formal mereka.
“Semoga melalui program ini, kami bisa turut memberikan kontribusi dalam mewujudkan mimpi Presiden Joko Widodo untuk melahirkan jutaan pengusaha muda baru yang turut menopang perekonomian nasional dari sektor informal,” ungkapnya.
Pemenang AHMBS 2017
Ini Dia Juara AHM Best Student 2017. Melalui seleksi yang ketat, terpilihlah Imron dari SMK Negeri 2 Koba, perwakilan main Dealer PT Asia Surya Perkasa Bangka Belitung. Imron dinilai mampu melihat peluang bisnis yang memiliki dampak sosial positif bagi lingkungannya. Diawali dari keprihatinannya atas penebangan pohon untuk media pertanian lada yang berdampak pada perusakan lingkungan, lahirlah usaha Imron dengan brand “Junjung Lada Nano Partikel”.
Usaha ini memiliki dua produk bisnis utama yaitu media tanam lada yang dibuat dari kawat sebagai pengganti kayu dan pupuk dari limbah sawit yang ramah lingkungan. Kompos dari sawit yang berharga lebih ekonomis bagi para petani lada ini juga mampu membantu kekebalan pohon lada dari hama penyakit khususnya penyakit kuning.
Imron juga telah menerapkan semangat sociopreneurship dengan mengajak pengangguran RTMPT (Remaja Tidak Melibatkan Perguruan Tinggi) untuk bekerjasama mengembangkan usahanya. Tak hanya itu, untuk memantapkan bisnisnya, Imron telah menjalankan research and development selama satu tahun. Dengan pencapaiannya ini, AHM memberikan apresiasi bagi Imron sebuah sepeda motor Honda New BeAT eSP dan beasiswa pendidikan.
Ini Dia Juara AHM Best Student 2017. Runner up 1 diraih oleh A. Meickloni Wahyuzi (SMAN 2 Bengkulu, perwakilan main dealer Astra Motor Bengkulu dengan bisnis makanan bayi kaya gizi “Kelor Finger Food Cookies. Posisi runner up 2 berhasil didapatkan oleh Chandra Ramadhan (SMA Unggulan CT Foundation Medan, perwakilan main dealer PT Indako Trading Coy) dengan bisnis “Burger Jangkrik Jingkrak Medan” dan runner up 3 oleh Eka Yuliastuti (SMAN 1 Sitiung, perwakilan main dealer PT Hayati Pratama Mandiri) dengan bisnis “Aperet, pembeku lateks dari fermentasi air kelapa.”
Sedangkan Fajar Ananda Saputra (SMAN 1 Batu, perwakilan main dealer PT Mitra Pinasthika Mulia) dengan produk permen jelly “Goseanat” dari daun pucuk merah berhasil meraih gelar runner up 4 dan Feri Agung Hermawan (SMAN 1 Way Jepara dengan perwakilan PT Tunas Dwipa Matra) dengan bisnis sistem pengelolaan sampah terpadu “Trash Gold” meraih runner up 5. Para runner up mendapatkan laptop/tablet pendukung kegiatan belajar dan usaha serta beasiswa pendidikan.
Juara favorit pilihan peserta dan perwakilan main dealer diraih oleh I Putu Gede Krisna (SMAN 4 Denpasar, perwakilan main dealer Astra Motor Bali) dengan bisnis pembersih kain tradisional “Dinar Lerak”. Sedangkan juara sosial media diraih oleh Wiranto (SMKN 1 Dompu, perwakilan main dealer Astra Motor Mataram) dengan bisnis “Susu Jagung” dan Marsya Greflin Mariani Kapia (SMA YPPK Taruna Dharma, perwakilan main dealer Astra Motor Papua) dengan bisnis “Keripik Keladi Jayapura”. Juara favorit dan sosial media mendapatkan beasiswa pendidikan.
Tahun ini AHMBS juga memiliki kategori pemenang baru yaitu Juara Business Group Challenge yang diserahkan secara kelompok. Pemenang ditentukan dari keberhasilannya menjawab tantangan bisnis yang diajukan selama penjurian final di Jakarta secara teamwork. Pemenangnya adalah kelompok yang beranggotakan Ade Febriansyah (MAN 1 Kepulauan Meranti, perwakilan main dealer PT Capella Dinamik Nusantara Riau Daratan), Feri Agung Hermawan (SMAN 1 Way Jepara dengan perwakilan PT Tunas Dwipa Matra), Irvan Yama Pradipta (SMAN 3 Unggulan Kayu Agung, perwakilan main dealer Astra Motor Sumatera Selatan), Wiranto (SMKN 1 Dompu, perwakilan main dealer Astra Motor Mataram), I Putu Gede Krisna (SMAN 4 Denpasar, perwakilan main dealer Astra Motor Bali). Pemenang mendapatkan beasiswa pendidikan. Sedangkan, untuk seluruh peserta yang lain juga mendapatkan beasiswa pendidikan.
AHMBS 2017 turut didukung oleh Yayasan AHM dan anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.
YAHM Kampanyekan Tertib Berlalu Lintas untuk Keselamatan Berkendara di Jalan Raya. Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) mengadakan kampanye simpatik tertib berlalu lintas untuk meningkatkan kepatuhan terhadap rambu lalu lintas dan kesadaran terhadap hak pengguna jalan lain.
Kegiatan yang dilakukan bersama Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) ini dipusatkan di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Kamis pagi (27/7). Kampanye kali ini dilakukan dengan mengingatkan para pengguna sepeda motor agar tidak melawan arah dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada serta mengingatkan agar tidak melintasi trotoar yang memang diperuntukkan bagi pejalan kaki.
YAHM Kampanyekan Tertib Berlalu Lintas untuk Keselamatan Berkendara di Jalan Raya. Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kecelakaan yang dialami pengguna jalan seringkali bermula dari pelanggaran dan ketidakpatuhan terhadap rambu lalu lintas. Karena itu, tertib berlalu lintas harus terus dikampanyekan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan yang terkait keselamatan berkendara.
“Semakin banyak stakeholder yang terlibat, upaya menciptakan budaya tertib berlalu lintas ini akan semakin efektif. Tenggang rasa dan saling menghormati antar pengguna jalan juga perlu terus ditingkatkan untuk mewujudkan suasana berkendara yang nyaman dan aman bagi pemakai jalan raya dan juga pejalan kaki di trotoar,” ujarnya di sela-sela kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas.
Kampanye simpatik ini juga dilakukan dengan membagikan stiker #CariAman dan stiker yang berisikan pesan keselamatan berkendara dan tertib berlalu lintas di jalan. Beragam kegiatan kampanye keselamatan berkendara lain secara terpisah juga dilaksanakan di tempat lain. Selain kampanye simpatik di jalan raya, program kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas ini juga dilaksanakan dengan menggelar diskusi safety riding yang melibatkan beragam komunitas pecinta sepeda motor dari berbagai merek dan juga aktivis keselamatan berkendara.
Muhibbuddin menuturkan upaya menciptakan budaya keselamatan berkendara membutuhkan dukungan dan sinergi berbagai pihak, mulai produsen kendaraan bermotor, kepolisian, pemerintah, dan juga para pengguna jalan raya.
“Proses membudayakan sesuatu yang baik itu tidak instan. Harus ada sinergi dan kesadaran bersama yang konsisten, terus menerus, dan berkelanjutan. Kami yakin ini bisa terwujud karena pada dasarnya setiap orang menginginkan suasana berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujarnya
YAHM Kampanyekan Tertib Berlalu Lintas untuk Keselamatan Berkendara di Jalan Raya. YAHM bersama AHM kini juga aktif melakukan program kampanye safety riding terintegrasi melalui tagline #Cari_Aman sebagai salah satu upaya mengajak generasi muda terlibat aktif dalam mewujudkan generasi yang sadar akan pentingnya keselamatan berkendara. Tagline #Cari_Aman diharapkan dapat membuka cakrawala dan persepsi baru bagi generasi muda atas keselamatan berkendara yang lebih menyenangkan dan dapat menjadi bagian dari kehidupan generasi mendatang.
Selain kerjasama dengan para pemangku kepentingan lain, YAHM secara konsisten memgadakan berbagai program edukasi bagi masyarakat seperti seminar dan diskusi bersama komunitas motor, membagikan buku etika berlalu lintas, membangun taman lalu lintas, edukasi tertib lalu lintas pada anak-anak usia dini, hingga menginisiasi terbentuknya sekolah model safety riding di wilayah kota Yogyakarta.
Mau Booking Service untuk Motor Honda Anda? Begini Caranya. Kabar gembira nih, terutama bagi pengguna sepeda motor Honda yang berada di wilayah Kodya Semarang. Menurut infrormasi yang di posting di akun instagram hondajateng (Astra Motor Honda Gajah Mada). AHASS memberikan layanan baru berupa layanan Booking Service, jadi bagi anda yang mau service sepeda motor Honda kesayangan anda, anda tidak perlu capek antri daftar. Anda bisa melakukan booking service melalui telepon.
Mau Booking Service untuk Motor Honda Anda? Begini Caranya. Untuk informasi lengkapnya anda bisa segera menghubungi AHASS terdekat. Dan untuk daftar nomer telepon dan alamat AHASS di wilayah Kodya Semarang bisa diakses melalui link berikut AHASS Booking Service.
Oh ya, nikmati juga bermacam fasilitas mulai dari diskon jasa service, diskon pembelian oli, gratis tambal ban, gratis isi nitrogen dan masih banyak lagi, termasuk layanan emergency bagi yang sepeda motornya mengalami kendala dijalan. Dengan cara miliki AHASS SMART CARD. AHASS SMART CARD adalah kartu keanggotaan bagi pemilik loyal sepeda motor Honda. AHASS SMART CARD bisa digunakan di lebih dari 300 outlet AHASS pilihan di Jawa Tengah.
Seperti yang saya sampaikan diatas semua member pemegang AHASS SMART CARD bisa mendapatkan layanan emergency yaitu layanan darurat di jalan. Jadi, apabila sepeda motor Honda Anda mogok di jalan raya, maka Anda dapat meminta bantuan petugas SERVIS KUNJUNG KAMI dengan menghubungi (024) 86569000 ext 121 pada pukul 08.00-16.00 (Senin-Jumat) dan pukul 08.00-12.00 (Sabtu). Saat ini layanan emergency baru berlaku di Kota Semarang, untuk semua jenis AHASS SMART CARD.
Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, silahkan hubungi 081555888 atau email : ahasssmartcard@gmail.com atau bisa dilihat di website AHASS SMART CARD. Terimakasih, semoga bermanfaat.
redto-black.web.id – Helm Fullface Bukan Hanya untuk Motor Sport. Helm merupakan perlengkapan utama dalam berkendara. Kewajiban menggunakan helm standar nasional Indonesia bagi pengendara sepeda motor diatur dalam Pasal 57 ayat (1) jo ayat (2)UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan(“UU No. 22/2009”) yang berbunyi :
(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.
(2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.
Selain itu, Pasal 106 ayat (8) UU No. 22/2009 mengatur bahwa:
“Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.”
Pengemudi maupun penumpang diwajibkan menggunakan helm dengan standar nasional Indonesia. Dan ancaman atas pelanggaran peraturan tersebut diatur dalam Pasal 291 UU No. 22/2009 yang berbunyi :
(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
(2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
Helm Fullface Bukan Hanya untuk Motor Sport. Saat ini banyak model helm yang dipasarkan, baik yang fullface maupun halfface, dari harga yang ratusan ribu sampai dengan puluhan juta. Kesadaran untuk berperilaku aman dijalanpun mulai tumbuh, banyak orang-orang yang sadar pentingnya helm saat berkendara, baik yang awalnya hanya karena bergaya dengan helm yang keren maupun karena kejadian yang membuatnya memaknai pentingnya helm.
Satu hal yang masih terdengar kolot adalah ketika ada yang malu atau enggan memakai helm fullface karena jenis motornya. ” Cuma pakai matic ini, gak pantes pakai helm full face “, ” Motor saya bebek, gak cocok pakai helm full face ” Kata-kata ini masih sering saya dengar dari teman-teman saya dan keluarga saya, mereka beranggapan bahwa helm full face hanya cocok untuk pengguna motor sport. Sah-sah saja sih mereka memakai helm half face, karena pada dasarnya helm half face yang beredar di Indonesia seharusnya sudah memiliki sertifikasi SNI (Standart Nasional Indonesia). Namun helm half face tidak bisa melindungi total kepala pengendara seperti helm full face, terutama untuk bagian dagu dan wajah bagian depan.
Helm Full face Bukan Hanya untuk Motor Sport. Pengalaman dua kali jatuh saat berkendara membuat saya selalu memilih helm fullface baik itu untuk harian maupun sekedar beli cemilan ke warung. Baik itu saat saya mengendarai Scorpio saya maupun saat saya mengendarai matic milik istri dan mertua. Pertama saat saya masih menggunakan Honda Supra X 125, saya mengalami kecelakaan yang cukup parah, dimana motor saya hancur bagian depan kanan dan saya terjatuh dengan posisi muka bagian kanan menghantam aspal. Hasilnya helm bagian dagu kanan sampai pelipis baret parah, bisa dibayangkan jika hanya memakai helm half face, bisa jadi impactnya langsung ke muka saya. Kedua saat kejadian kecelakaan bersama teman saya, helm bagian kening kiri terkena bagian motor saya.
Berkaca dari pengalaman saya, saya selalu menyarankan agar memilih helm full face untuk perlengkapan berkendara. Namun tidak gampang juga, banyak keluarga dan teman yang masih kolot dengan berbagai alasan, yang mahal lah, yang berat, yang ribet dan sebagainya. Ya, saya kembalikan lagi kepada masing-masing sih, intinya selalu gunakan helm untuk keselamatan, ikhtiar demi keselamatan kita. Terimakasih, semoga bermanfaat.
All New Honda CBR250RR Rajai Pasar Motor Sport 250cc Indonesia. All New Honda CBR250RR mengukuhkan posisinya sebagai Raja Motor Sport 250cc di Indonesia seiring keberhasilannya merebut hati pecinta motor sport pada semester I/2017 dengan angka penjualan 5.419 unit. Beragam aktivitas yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) dan jaringan main dealernya untuk motor sport terbaru ini seperti Premiere Touring, Nonton Bareng MotoGP, dan Track Day mengantarkan All New Honda CBR250RR diterima dengan antusias oleh penggemar motor sport di Tanah Air.
Kehadiran All New Honda CBR250RR sangat dinanti para pecinta motor sport. Kesempatan menjajal performa motor yang baru diluncurkan akhir tahun lalu ini direspon luar biasa oleh 2.677 orang dari 85 komunitas Honda CBR yang berpartisipasi dalam kegiatan Premiere Touring di 28 provinsi pada Maret – April 2017. Touring bersama berjarak lebih dari 100 km menjadi kesempatan langsung mencoba performa “Total Control” All New Honda CBR250RR. Peserta menikmati perjalanan dengan mengeksplorasi riding mode selection dan tenaga maksimal sebesar 27,1 kW (36,8 PS) / 12.500 rpm dan torsi maksimum hingga 22,5 Nm (2.29 kgf.m) / 10.500 rpm berkat penyematan mesin generasi terbaru 250cc liquid-cooled 4-stroke DOHC 8-valve, paralel twin cylinder.
All New Honda CBR250RR Rajai Pasar Motor Sport 250cc Indonesia. Performa tinggi All New Honda CBR250RR selanjutnya dijajal secara maksimal dalam kegiatan edukasi balap Track Day Honda CBR di 9 kota besar seluruh Indonesia pada periode April hingga Agustus mendatang. Sebanyak 875 pecinta Honda CBR dibekali teori balap yang disampaikan langsung oleh pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) dan pebalap binaan Honda lainnya, seperti teori mengenai teknik speeding, cornering, dan braking. Puncaknya, konsumen Honda CBR berkesempatan menjajal langsung motor MotoGP versi jalan raya, Honda RC213V-S di sirkuit Sentul, Jawa Barat (20/8).
Kekompakan dan semangat brotherhood di antara pecinta All New Honda CBR250RR yang tergabung dalam 85 komunitas Honda CBR tercermin dalam beragam aktivitas kebersamaan yang dilakukan. Kegiatan Nonton Bareng MotoGP digelar komunitas Honda CBR di 28 lokasi dan diikuti sebanyak 2.485 orang.
Motor sport terlaris di segmen 250cc, All New Honda CBR250RR turut diapreasiasi dari sisi desainnya yang ringan sehingga dapat berkontribusi memberikan kesenangan bermanuver yang sesungguhnya. Keindahan desain dari model ini memberikan sensasi berkendara yang mengagumkan bahkan sebelum dikendarai. Untuk para pecinta desain All New Honda CBR250RR, AHM bersama jaringan main dealernya pun mendukung konsumen motor sport ini untuk dapat mewujudkan tampilan All New Honda CBR250RR sesuai cerminan karakter dan identitas pemiliknya melalui subsidi biaya modifikasi sebesar Rp2 juta pada periode Juni-Juli 2017.
All New Honda CBR250RR Rajai Pasar Motor Sport 250cc Indonesia. Sambutan positif pecinta motor sport Tanah Air tercermin dalam data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) pada semester pertama tahun ini. Motor sport full fairing All New Honda CBR250RR memimpin pasar motor sport 250cc melalui penjualan sebesar 5.419 unit atau memimpin 35,2% pangsa pasar. Pencapaian ini memperkuat dominasi AHM di segmen sport nasional dengan angka 120.025 unit atau memimpin 45,3%pangsa pasar.
Deputy General Manager Sales Division AHM Didi Kwok mengapresiasi besarnya kecintaan masyarakat terhadap motor supersport buatan anak bangsa, All New Honda CBR250RR. Motor yang diapresiasi dari sisi keindahan desainnya hingga performanya yang tinggi ini tak membutuhkan waktu lama untuk memimpin pasar motor sport 250cc di Tanah Air.
“Terima kasih atas kepercayaan pecinta sport telah memilih All New Honda CBR250RR produksi pabrik AHM Karawang. Kami akan terus berusaha melengkapi kehadiran All New Honda CBR250RR dengan layanan terbaik untuk menyempurnakan pengalaman mengendarai motor sport dengan total kontrol penuh di tangan pengendara,” ujar Didi Kwok.
Penerimaan Tinggi
Penerimaan tinggi pecinta motor sport terhadap All New Honda CBR250RR juga diikuti jajaran motor sport Honda lainnya seperti Honda CB150R StreetFire yang menduduki posisi penjualan tertinggi di pasar motor sport nasional melalui penjualan sebesar 52.670 unit, disusul Honda CBR150R yang menjadi motor sport terlaris kedua di Tanah Air melalui penjualan sebesar 37.114 unit.
Performa penjualan motor sport Honda yang positif juga ditunjukkan pada model Honda Verza yang terjual 22.366 unit, Honda MegaPro yang terjual 1.883 unit. Motor adventure Honda CRF250RALLY yang baru diluncurkan Februari lalu tercatat telah terjual 410 unit. Sementara jajaran big bike Honda mampu memikat 163 pecinta bigbike Indonesia dengan kontribusi terbesar berasal dari motor kustom yang baru diperkenalkan Maret lalu, Honda CMX500 Rebel sebesar 65 unit disusul Honda CB500X sebesar 58 unit.
All New Honda CBR250RR Rajai Pasar Motor Sport 250cc Indonesia. Dominasi AHM di pasar motor nasional tidak hanya di segmen sport. Pada segmen skutik, AHM berhasil menguasai 78.3% pasar skutik nasional dengan total penjualan 1.719.845 unit pada semester I/2017 lalu. Honda BeAT series kembali menjadi penyumbang terbesar pada segmen ini dengan angka penjualan 902.553 unit atau berkontribusi 41,1% terhadap total penjualan motor skutik nasional. Honda vario series menjadi penyumbang terbesar kedua dengan penjualan 540.433 unit, diikuti New Honda Scoopy eSP sebesar 270.569 unit, Honda Spacy 2.588 unit, dan Honda PCX yang terjual sebanyak 3.692 unit.
Selain itu, segmen bebek Honda juga tetap diminati oleh konsumen di Tanah Air pada semester I/2017 lalu. Melalui total penjualan motro bebek Honda sebesar 166.074 unit, AHM memimpin 69,4% pangsa pasar motor bebek nasional. Penjualan Honda Revo series tercatat sebesar 77.876 unit atau berkontribusi sebesar 32,6% terhadap total penjualan motor bebek nasional. Pencapaian ini diikuti Honda Supra series sebesar 67.387 unit, New Honda Sonic 150 R sebesar 14.708 unit dan Honda Blade 6.103 unit.
All New Honda CBR250RR Rajai Pasar Motor Sport 250cc Indonesia. Pencapaian ahm di semua segmen ini mengantarkan AHM mampu mempertahankan laju penjualannya di pasar domestik sehingga tidak terlalu tajam dibandingkan penjualan pasar motor nasional. Pada semester I/2017, pasar motor domestik turun 8,9% dari 2.962.888 unit yang tercatat pada semester I/2016 menjadi 2.700.546 unit pada periode yg sama tahun ini. Sementara itu, penjualan AHM pada periode yang sama hanya turun 7% dari 2.158.388 unit pada semester I/2016 menjadi 2.005.944 unit pada semester I tahun ini.
redto-black.web.id – Mengenal Honda SH150i Skutik Kelas Eropa. Honda SH150i merupakan keluarga dari Honda SH series yang pertama lahir dengan tipe SH50 pada tahun 1984. Honda SH150 empat tak pertama kali memasuki pasaran Eropa pada tahun 2001. Dalam kurun waktu kurang lebih lima belas tahun Honda SH series diam-diam selalu dikembangkan secara konsisten untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang stylish, menyenangkan dan tidak rewel, yang menjadi salah satu favorit di benua Eropa.
Honda SH150 mulai diberikan teknologi PGM-FI pada tahun 2005, selama sebelas tahun terakhir Honda SH150i hadir merepresentasikan keseimbangan kesempurnaan gaya, keandalan, ekonomis dan tepatguna. Dan dalam rangkaian evolusi yang konstan dan hati-hati untuk memujudkan pengembangan yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan pengguna. Pada tahun 2013 Honda SH mendapatkan update mesin dengan teknologi eSP serta idling stop system yang digunakan untuk meningkatkan distribusi power dan penghematan energi.
Pada tahun 2017 Honda SH150i diproduksi di pabrik Atessa Honda Italia. Beberapa fitur yang dimiliki motor Honda SH150i antara lain :
Honda Smart Key System yang merupakan 1 remote integrasi dari switch on/off, Answer Back System dan Anti Theft Alarm System.
Side Stand Switch – fitur keamanan pengendara dimana mesin tidak dapat dinyalakan apabila standar samping dalam posisi turun
Power Charger
Kapasitas tangki 7.5 liter, bagasi yang luas (bisa menyimpan helm fullface)
Mesin Liquid Cooled, 4-Stroke, SOHC, 150cc eSP
Teknologi ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara
Teknologi Idling Stop System (ISS) yang bisa mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik lalu menghidupkannya kembali pada saat tuas gas ditarik
Konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya mencapai 40.9 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40)
Handling dan kestabilan berkendara dari velg berukuran 16″
Dari sisi mesinnya, Honda SH150i memiliki mesin yang highly durable. Dibekali teknologi PGM-FI mesinnya mampu memuntahkan tenaga maksimal 10,9 kw di putaran mesin 8.250 rpm dan memiliki torsi maksimal 13,9Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.
Ramaikan GIIAS 2017 Honda hadirkan CRF1000L dan CB500X. PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan keikutsertaannya meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Kehadiran ini diharapkan dapat mendekatkan jajaran motor premium Honda dan big bike Honda kepada pecintanya, sekaligus memberikan kesempatan lebih besar bagi masyarakat dalam memiliki motor premium dan big bike Honda.
Beragam pilihan sepeda motor yang disediakan untuk menemani beragam gaya hidup serta kesenangan berkendara masyarakat Tanah Air tersebut dapat dijumpai pengunjung pameran pada booth Honda – Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang selama 10 hingga 20 Agustus 2017.
GM Marketing Planning & Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengatakan keikutsertaan ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi pecinta sepeda motor premium dan big bike Honda untuk memenuhi mimpinya memiliki motor pilihannya.
“Selama GIIAS, kami hadir dengan pilihan produk premium dan big bike terbaik bagi pengunjung booth Honda. Selain itu, kami juga akan hadirkan beragam suguhan produk terbaru yang menarik dan kami yakini mampu memikat pengunjung GIIAS,” ujar Indraputra.
AHM akan menghadirkan Honda CRF1000L Africa Twin dan Honda CRF250RALLY dengan DNA Rally Dakar yang nyaman dikendarai saat di jalan tanah, turing jarak jauh, berkendara di jalan berliku dan lincah dikendarai di jalan perkotaan.
Ramaikan GIIAS 2017 Honda hadirkan CRF1000L dan CB500X. AHM juga menghadirkan Honda CB500X yang memberikan kesenangan berkendara menjelajah berbagai tujuan di jalanan. Pilihan terbaru Honda CMX500 Rebel hadir dengan mencerminkan imajinasi, gaya hidup, dan jati diri pengendara. Jajaran sepeda motor supersport dengan konsep “Total Control” pun hadir melalui motor CBR1000RR, dan motor supersport produksi anak bangsa Honda All New Honda CBR250RR.
Khusus bagi pecinta skutik premium, AHM memboyong skutik premium Honda bergaya Eropa SH150i yang mewakili kemewahan desain dan kebanggaan berkendara bagi konsumen skutik kelas atas.
Ramaikan GIIAS 2017 Honda hadirkan CRF1000L dan CB500X. Selain itu, pengunjung IIMS 2017 juga dapat mencoba langsung jajaran unit sepeda motor Honda yang dapat dicoba sepanjang gelaran GIIAS 2017 di area luar pameran seperti All New Honda CBR250RR, big bike Honda CB500X dan motor adventure Honda CRF250RALLY.
The Young Smart Enterpreneur. Dalam rangka menyiapkan generasi muda Mandiri di bidang wirausaha, AHM memanggil 26 enterpreneur muda untuk berkompetisi dalam ajang apresiasi remaja berprestasi Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2017 pada 25-28 Juli 2017. Remaja pilihan ini merupakan hasil seleksi dari 598 siswa cerdas dan kreatif tingkat SMA dari seluruh Indonesia yang sudah menjalankan bisnis di tengah masyarakat.
Memasuki tahun penyelenggaraan ke-15, AHMBS mengangkat tema “ The Young Smart Enterpreneur ”. Program ini merupakan kontribusi PT Astra Honda Motor (AHM) dalam menemani masyarakat mewujudkan mimpi Indonesia yang unggul dalam persaingan global dengan melahirkan generasi muda kreatif dan cerdas.
Dari bulan Maret hingga Juli, AHM bersama jaringan main dealer Honda di seluruh Indonesia menggelar seleksi siswa terbaik setingkat SMA yang telah menjalankan usahanya sendiri. Sebanyak 598 siswa dari 255 sekolah turut berkompetisi dalam seleksi ketat di daerah hingga terpilih 26 siswa terbaik untuk mewakili daerahnya di Jakarta.
The Young Smart Enterpreneur. Jalan menuju final AHMBS 2017 lebih menantang dan mendebarkan bagi para peserta. AHMBS yang biasanya memilih 70 siswa sebagai finalis nasional, kini hanya memilih 26 siswa dengan proses seleksi yang lebih ketat. Kualitas siswa sebagai enterpreneur dengan tetap memperhatikan prestasi akademis di sekolah menjadi prioritas dalam penilaian, sehingga hanya siswa terbaik yang mendapatkan kesempatan menuju final di Jakarta.
Kualitas siswa wakil dari daerah dijaga dengan menggunakan kriteria penilaian yang disusun bersama AHM dengan tim kampus bisnis bergengsi PPM Management Jakarta. Penilaian disusun secara komprehensif dengan memperhatikan kemampuan peserta dalam menyusun sistematika proposal model bisnis yang jelas dan terperinci. Karya bisnis pun diukur melalui tingkat kebaruan ide, produk yang ditawarkan, peningkatan kualitas yang konsisten dilakukan, serta kreativitas dalam menawarkan produk di pasar. Kualitas sebagai pelaku bisnis sejati bagi pelajar ini juga diuji melalui kriteria pencapaian bisnis yang tercermin dari nilai penjualan, biaya, dan keuntungan yang dihasilkan.
The Young Smart Enterpreneur. Penjurian juga memperhatikan aspek dampak bisnis bagi masyarakat, strategi bisnis, analisa pasar, analisa persaingan usaha, pengelolaan hubungan dengan pelanggan, serta kemampuan dalam mengelola bisnisnya dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan sumber daya manusia.
Penjurian yang dilakukan secara ketat oleh main dealer Honda di daerah berhasil menemukan bakat-bakat muda brilian di dunia kewirausahaan. Karya-karya yang dilombakan dalam AHMBS memiliki keanekaragaman sumber ide, baik dari sisi hobi, keterbatasan dalam keluarga, pengetahuan yang dimiliki, prihatin pada kondisi sekitar, maupun motivasi tinggi untuk berinovasi dalam berkarya.
Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin melalui AHMBS, banyak bakat hebat ditemukan di kalangan pelajar dari seluruh Indonesia. Meskipun menerapkan kriteria yang ketat dalam seleksi di daerah, para wirausaha muda berbakat dari pelajar setingkat SMA mampu menunjukkan keberagaman ide dan kemampuan bisnis yang berdampak luas di tengah masyarakat.
“Kami berharap program AHMBS tahun ini dapat memberikan inspirasi bahwa wirausaha bisa dijalankan sejak dini tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai pelajar. Dengan lahirnya enterprenur-enterpreneur muda dari seluruh Indonesia ini, kami meyakini ekonomi Indonesia di masa depan akan semakin kokoh dengan pertumbuhan yang ditopang oleh sektor informal yang kuat,” ungkapnya.
Beragam Bisnis Pelajar
Dari ujung Aceh hingga Papua, ditemukan aneka bisnis menarik yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Di Aceh melalui seleksi di main dealer PT Capella Dinamik Nusantra, Annisa Nurul Iman menjadi wakil Aceh yang membanggakan. Ketika anak seusianya mengikuti kelas Bimbingan Belajar (Bimbel), Annisa justru sudah memiliki Bimbelnya sendiri. Dengan brand “Ridha Ibu”, Annisa mengembangkan Bimbel miliknya secara kreatif dengan menggunakan barang-barang bekas sebagai materi ajar. Di Papua dengan main dealer Astra Motor Papua, Marsya Kapia menjalankan bisnis “Keripik Keladi Jayapura”. Keprihatinannya pada bahan makanan lokal yang mulai ditinggalkan memberinya ide untuk membuat cemilan ini. Usahanya tak hanya bermanfaat dalam memperkenalkan kembali kekayaan kuliner lokal, namun juga memberdayakan ekonomi rumah tangga di lingkungannya.
Kisah perjuangan dalam merintis usaha juga muncul di Banjarmasin dengan main dealer PT Trio Motor. Hidup dalam keterbatasan dimana ayahnya bekerja sebagai kuli bangunan dengan ibu yang sudah meninggal membuat Muhammad Saidi Saputra bergerak untuk membantu perekonomian keluarganya. Mampu melihat pasar dan kesukaan masyarakat sekitarnya, Saidi dengan percaya diri membangun usaha Sambal Goreng Ikan Asin dalam Kemasan.
Karya out of the box juga lahir di Medan dengan main dealer PT Indaco Trading Coy. Candra Ramadhan menginspirasi temannya dengan prinsip hidup harus selalu maju dengan inovasi dan kreatifitas. Diawali dengan bisnis menjual jangkrik sebagai makanan burung, Candra mampu mengembangkan usahanya dengan brand Jangkrik Jingkrak Medan. Ia membuat burger unik dengan isi jangkrik yang kaya akan protein.
Pemahaman akan science juga mendukung lahirnya bisnis. Hal ini dibuktikan oleh Fajar Ananda Putra dari Malang dengan main dealer Mitra Pinasthika Mulia. Pada umumnya bisnis tanaman Pucuk Merah dibuat sebagai tanaman hias, namun dengan pengetahuan bahwa tanaman pucuk merah mampu membantu tubuh menahan radikal bebas dan mengurangi resiko jantung, Fajar membuat permen jelly dari pucuk merah dengan brand “Goseanat”.
Menekuni hobi adalah salah satu cara melahirkan bisnis yang bisa dijalankan secara fun. Dari Minahasa dengan main dealer PT Daya Adicipta Wisesa, Anugerah Noufer Tumbelaka mampu membuktikannya. Berbekal hobinya di dunia fotografi, Anugerah kini telah memiliki usahanya sendiri. Usahanya ia jalankan secara serius dengan menggandeng mitra-mitra sekolah, instansi, hingga salon di daerahnya. Anugerah yang telah terkenal dengan karya-karya foto pre-weddingnya dan foto event seperti ulang tahun, perkawinan, dan wisuda juga menyediakan paket lengkap dari cetak foto hingga pembuatan album foto kreatif.
redto-black.web.id – Mau Tau Harga Motor Honda Sebelum Membeli? Cek Disini. Mau beli motor baru yang sesuai dengan budget tapi bingung cek harganya dimana? ini nih, saya kasih tau. Tapi hanya untuk Motor Honda saja ya. Pembaca semua bisa cek harga Motor Honda langsung di www.astra-honda.com/price-list/ . Oh ya untuk harga yang ada disitu adalah harga on the road untuk wilayah DKI Jakarta dan Tangerang yang berlaku mulai bulan Maret Tahun 2017.
Mau Tau Harga Motor Honda Sebelum Membeli? Cek Disini. Trus untuk daerah lain kemana? tenang saya, untuk derah lain bisa menghubungi call centernya Honda atau bisa cek di Website Astramotor atau di website astra-honda untuk mengetahui lokasi dealer terdekat.
Untuk center Honda bisa menghubungi, nomer telepon, email ataupun media social berikut ya
Oh ya, sekedar mengingatkan untuk periode Juni sampai Juli 2017 ini sedang ada promo untuk all varian CBR150RR dan all varian CB150R Streetfire. Promo penjualan dengan diskon mulai dari satu juta rupiah, diskon berlaku hanya untuk PNS, Karyawan BUMD, Pelajar & Mahasiswa.
Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :
Mau Nonton MotoGP Gratis Bersama Suzuki? Sukses dengan program Suzuki Ready To MotoGP tahun lalu, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mengajak puluhan konsumen setia Suzuki untuk merasakan serunya menyaksikan balapan bergengsi kelas atas MotoGP secara langsung dalam program Suzuki Ready To MotoGP 2017 yang berlangsung dari 1 Juli hingga 15 September 2017. Ready To MotoGP 2017 ini melengkapi program Suzuki Semarak Ramadhan yang telah berlangsung.
Team Suzuki Ecstar MotoGP yang saat ini semakin dikenal oleh publik menjadi daya tarik yang kuat bagi penggemar untuk terus mendukung kiprah Suzuki di ajang tersebut. Terlebih dengan bergabungnya Andrea Iannone dan Alex Rins sebagai pebalap andalan pada musim 2017 memberikan warna dan daya pikat yang lebih segar dan selalu dinantikan kemunculannya.
Mau Nonton MotoGP Gratis Bersama Suzuki?. Kesempatan emas bagi penggemar untuk berjumpa secara langsung dengan Team Suzuki Ecstar MotoGP pun kembali dibuka lebar oleh SIS melalui program Suzuki Ready To MotoGP 2017. Program menarik yang dibalut dalam konsep undian berhadiah ini ditujukan kepada siapapun yang menjadi pembeli Suzuki All New Satria F150, GSX-R150 dan GSX-S150. Setelah periode program berakhir, SIS akan mengundi dan menentukan konsumen terpilih yang berhak memperoleh kesempatan menonton secara langsung MotoGP seri-17 yang berlangsung di sirkuit Sepang, Malaysia pada 29 Oktober 2017.
Mau Nonton MotoGP Gratis Bersama Suzuki?. Cara memperoleh kesempatan ini pun mudah diikuti oleh siapapun. Hanya dengan melakukan pembelian produk Suzuki All New Satria F150, GSX-R150 dan GSX-S150 di dealer Suzuki maupun pada saat pameran yang diikuti oleh Suzuki, konsumen akan mendapatkan 1 lembar kupon undian untuk diikutsertakan pada program pengundian. Program Suzuki Ready To MotoGP 2017 berlaku untuk konsumen yang melakukan pembelian unit motor baik secara tunai ataupun kredit.
Pengundian kupon akan dilakukan pada bulan September 2017 dan hasil pemenangnya akan segera diumumkan hanya melalui website www.suzuki.co.id dan Facebook fanpage ‘Suzuki Motorcycles Indonesia’. Menariknya lagi, Suzuki memberikan pelayanan lengkap antara lain akan menanggung pajak undian pemenang, berikut dengan tiket pesawat pulang pergi, penginapan dan akomodasi. Selain puluhan konsumen umum, Suzuki juga turut mengajak mitra bisnis serta perwakilan anggota klub/komunitas motor Suzuki yang selama ini setia dan selalu mendukung Suzuki, untuk ikut berangkat mendukung Team Suzuki Ecstar MotoGP di sirkuit Sepang.
Yohan Yahya – Sales & Marketing 2W Dept. Head PT. SIS
“Kami merespon antusiasme penggemar yang semakin mengenal dan mencintai Team Suzuki Ecstar MotoGP melalui program ini. Oleh karena itu, kami langsung bergerak cepat untuk mengajak konsumen Suzuki untuk merasakan sendiri secara langsung serunya nonton MotoGP. Ditambah kesempatan langka bisa berjumpa langsung dengan Andrea Iannone dan Alex Rins. Tidak hanya bisa memiliki motor yang kekinian, tetapi konsumen bisa mendapatkan pengalaman hebat dengan Suzuki Ready To MotoGP”
Sayangnya saya cuma punya Suzuki Address, itupun sudah pembelian tahun 2015, hehehehe.