Ringkasan Latihan Bebas MotoGP Motegi 2017

redto-black.web.id – Ringkasan Latihan Bebas MotoGP Motegi 2017. Mas Bro Gan Sob, hari ini saya lagi banyak aktifitas di luar dan akhirnya baru bisa update mengenai hasil latihan bebas MotoGP Motegi 2017.

Sesi latihan bebas 1 dan 2 pembalap dihadapkan dengan track basah. Seperti dugaan sebelumnya cuaca di Motegi tidak stabil. Pada free practice pertama Marquez berhasil mendominasi sesi latihan. Posisi tercepat kedua sesi latihan bebas pertama ditempati oleh Aleix Espargaro, disusul kemudian Scott Redding dan Jorge Lorenzo.

Di sesi latihan bebas pertama ini duo Yamaha Movistar sepertinya mengalami kesulitan, Maveric Vinales hanya mampu menempati urutan tercepat ke 9 dan Valentino Rossi di urutan ke 19. Begitu pula rekan se tim Marc Marquez Dani Pedrosa, Pedrosa menempati urutan ke 20.

Di latihan bebas pertama ini terjadi insden antara Cal Crutchlow dan Lorenzo. Crutchlow kehilangan kontrol motornya saat mengerem dan membuat rem depannya mengunci, kejadian ini membuat Crutchlow jatuh dan motornya menabrak Lorenzo yang ada didepannya. Karena kejadian ini Lorenzo sempat terlihat marah kepada Crutchlow. Namun semuanya sudah selesai setelah Crutchlow mau meminta maaf kepada Lorenzo.

Sesi latihan bebas kedua masih dilakukan dalam kondisi track basah. Di latihan bebas kedua ini waktu tercepat Marc Marquez dipatahkan oleh Dovisiozo. Namun sayangnya Marc Marquez mengalami crash yang akhirnya memaksa Marquez untuk menghentikan latihan. Hingga akhir sesi latihan bebas kedua, catatan waktu tercepat masih dipegang oleh Dovisiozo dan disusul Marquez diposisi kedua. Untuk hasil latihan bebas kedua bisa dilihat seperti berikut :

Sampai free practice kedua duo Yamana Moviestar sepertinya masih kesulitan. Mungkinkah track basah masih menghantui Yamaha. Mas Bro Gan Sob itu tadi ringkasan latihan bebas MotoGP Motegi 2017, kita tunggu saja perkembangannya dan kita lihat progressnya mulai besok dan kita sama-sama lihat hasilnya Hari Minggu nanti.

Sumber Gambar : motorsport.com

Baca Juga :

 

Cara Mengganti Busi Yamaha Scorpio Dengan Toolkit Standart

redto-black.web.id – Cara Mengganti Busi Yamaha Scorpio Dengan Toolkit Standart. Mas Bro Gan Sob, kalau kita beli motor biasanya kan sudah dilengkapi dengan toolkit standart, nah toolkit ini biasanya sering diabaikan dan tidak dipakai. Namun jika dalam kondisi darurat biasanya toolkit inilah yang paling cepat ditemukan, karena biasanya ya selalu nempel di motor.

Nah Mas Bro Gan Sob biasanya tuh toolkit standart seperti itu kadang gak dipakai karena alesannya kurang mudah, kurang praktis. Namun pada dasarnya kita harus bisa menggunakan toolkit yang tersedia apalagi saat darurat. Salah satu hal darurat yang sering terjadi adalah busi mati diperjalanan. Memang sih busi itu termasuk suku cadang yang gampang ditemukan di bengkel manapun. Namun tidak ada salahnya kok jika kita selalu siap siaga membawa busi cadangan di motor kita.

Hayo Mas Bro Gan Sob yang sudah sering ganti busi sendiri dengan toolkit standart siapa? kalau saya sih sudah terbiasa bongkar pasang busi dengan toolkit standart alias seadanya. Toolkit standart yang didapat saat saya membeli Yamaha Scorpio yang bisa dipakai untuk membuka busi adalah seperti ini

Yang kemudian disatukan menjadi seperti ini

Yang jarang mbengkel pasti bingung cara pakainya ya, nah Mas Bro Gan Sob, berikut saya praktekkan caranya, disimak ya! Untuk yang menyimak dari handphone video bisa dilihat disini.

Mas Bro Gan Sob, mungkin praktek yang saya lakukan ini hal yang sangat sepele, namun menurut saya hal seperti ini wajib untuk dikuasai bagi pengendara sepeda motor, paling tidak untuk hal kecil yang bisa dilakukan sendiri kita lakukan sendiri, agar ketika terjadi hal yang darurat kita tidak panik.

Sekian Do It Yourself thing seri “Cara Mengganti Busi Yamaha Scorpio” , semoga berguna. Terimakasih.

Baca Juga :

 

Marc Marquez Waspada Untuk Segala Kemungkinan di Motegi

redto-black.web.id – Marc Marquez Waspada Untuk Segala Kemungkinan di Motegi. Mas Bro Gan Sob, menjelang MotoGP seri ke 15 di musim 2017 ini pemipin klasemen sementara Marc Marquez memiliki kesempatan untuk melengkapi tiga kemenangan sekaligus setelah dua kemenangan di seri sebelumnya.

Namun meskipun saat ini dia sangat bersemangat tinggi dalam menyambut seri Motegi ini Marquez tetap waspada dengan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Tahun 2016 di Motegi memberikan kemenangan yang indah untuk Marc Marquez. Tahun ini Marquez datang ke Jepang dengan semangat modal kemenangan dua seri sebelumnya di Aragon dan Misano, namun mereka tidak pernah tau apa yang akan terjadi seperti cuaca di Motegi yang tidak stabil. Sirkuit ini termasuk yang disukai Marquez namun beberapa tahun lalu ia harus berjuang keras di sini, hanya tahun lalu yang membuat Marquez merasa yakin dan percaya diri.

Menurut Marc Marquez semua kemungkinan bisa terjadi, kita semua tidak tahu siapa nanti yang akan memenangi balapan di Motegi ini, bisa saja Dani Pedrosa, Lorenzo, Rossi dan dua pembalap lainnya yang juga sangat kuat yaitu Dovi dan Vinales. Marquez akan terus berusaha untuk menemukan settingan terbaik agar dia mampu bertarung dengan baik di hari Minggu nanti.

Di separuh akhir musim 2017 ini Marquez sangat kuat dengan motor RCVnya, dia yakin mampu beradaptasi dengan segala kondisi di Motegi akhir pekan ini.

Marc Marquez berependapat bahwa penurunan suhu 5 derajat di aspal track membuat settingan motor harus diubah dan mungkin bisa membingungkan, namun dia merasa yakin di semua kondisi, dan itu yang paling penting menurutnya. Dia berharap akan memulainya dengan bagus dimulai saat FP1 di hari Ju’mat ini dan dia akan mencoba untuk melakukan yang terbaik di semua kondisi untuk mendapatkan podium di Motegi.

Kami akan mencoba yang terbaik seperti yang sudah kami dapat sampai saat ini dan terus akan berusaha semaksimal mungkin, pernyataan dari Marc Marquez.

sumber : Motogp Japan: Marquez braced for all eventualities

Baca Juga :

 

 

Tips Aman Berkendara Saat Darurat Tuas Kopling Rusak

redto-black.web.id – Tips Aman Berkendara Saat Darurat Tuas Kopling Rusak. Mas Bro Gan Sob, crash dijalan raya memang bukanlah sesuatu yang diharapkan, tapi kadang kita tidak bisa menghindarinya. Atau kalau tidak kitanya sudah berhati-hati namun karena kecerobohan kita motor jadi jatuh bego. Dulu saya pernah mengalaminya gara-gara terlalu pecrcaya diri saat memakirkan motor ditempat yang agak tinggi, ternyata standar samping saya belum menapak sempurna, masih terlalu tegak. Hasilnya motor ambruk ke kanan, untungnya sih tidak ada kerusakan, hanya tuas rem yang tergores.

Beruntung jika tidak terjadi kerusakan sama sekali, namun lain cerita jika ternyata karena jatuh bego ini membuat kerusakan minor tapi fatal. Misalnya motor kita jatuh ke kiri dan ternyata membuat tuas kopling patah dan tak mungkin dipakai lagi. Waduh….. repot kan mas bro gan sob? kalau kabel kopling sih mungkin kita bisa bawa cadangan, dan sayapun terbiasa membawanya jika touring lha kalau tuas alias handlenya gimana coba?

Kalau kejadian di keramaian kota sih aman saja, namun jika kejadian itu kita alami di tempat yang sepi, jauh dari keramaian atau pada kondisi malam hari yang sepi jarang bengkel buka bagaimana? Panggil teman minta tolong mungkin cara yang paling aman. Namun kadang kita tidak bisa melakukannya dan harus ambil langkah mandiri.

Tenang mas bro gan sob, simak tips-tips berikut agar tetap aman meski darurat. Tips ini memang belum diuji semuanya secara praktek, namun secara teori tips berikut adalah tips yang paling realistis jika kita menghadapi keadaan darurat tersebut. Asumsinya motor tetap bisa dinyalakan mesinnya dan tetap bisa jalan normal ya mas bro gan sob, hanya saja fungsi tuas koplingnya yang tidak bisa dipakai sama sekali

  1. Jika kejadian di lokasi yang sudah anda kenal, sebaiknya anda pilih jalur yang tidak banyak pemberhentiannya, jauhi jalur yang banyak persimpangan dan lampu merahnya agar anda tetap bisa berkendara tanpa banyak berhenti untuk bisa ke tempat aman (rumah ataupun bengkel).
  2. Start motor anda dengan cara dorong motor dan masukkan giginya, akan lebih mudah jika dilakukan di turunan. Meskipun kick starter dan electric starter masih bisa dipakai tapi memasukkan gigi tanpa kopling dalam kondisi motor diam bisa membuat mesin motor anda mati.
  3. Untuk pindah gigi dari gigi rendah ke tinggi posisikan rpm motor pada rpm agak tinggi lalu pindahkan gigi, kebanyakan motor berkopling tidak masalah jika menambah gigi tanpa kopling.
  4. Untuk menurunkan gigi, pelankan laju motor dan pastikan putaran mesin pada putaran rendah lalu kurangi gigi dengan tepat. Namun anda harus bersiap-siap jika mesin motor tiba-tiba mati.
  5. Jika mendekati lampu merah dan lampu masih kondisi menyala merah anda bisa memperlambat laju motor anda dan mengulur waktu agar anda tidak perlu berhenti untuk menunggu lampu hijau.
  6. Jika terpaksa harus berhenti di lampu merah, anda bisa mencoba tips nomer 3 hingga posisi gigi netral, namun lebih baik berhenti saja di tepi jalan biarkan mesin mati dan ulangi menyalakan motor lagi.
  7. Jika sudah sampai tempat tujuan yang aman, anda bisa mencoba menetralkan gigi atau hentikan kendaraan dengan cara mengerem dan membiarkan mesin motor mati dengan sendirinya.

Nah itu tadi mas bro gan sob sedikit tips dari saya saat menghadapi kondisi darurat tuas kopling rusak. Terimakasih semoga bermanfaat.

Baca Juga :

[archives limit=10]