Spesifikasi Yamaha LEXi, Ada Tipe Yamaha LEXi-S, Ini Bedanya!

Mas Bro Gan Sob, jika artikel sebelumnya rtb membahas mengenai fitur dan keunggulan dari Yamaha LEXi, di artikel ini rtb akan membahas mengenai spesifikasi dari Yamaha LEXi 125. Oh ya mas bro gan sob, Yamaha LEXi hadir dalam 2 tipe, Yamaha LEXi dan Yamaha LEXi-S. Nah untuk perbedaannya bisa disimak di artikel ini ya.

Dulu nih, urusan motor baru, biasanya diawali dengan spyshot, apalagi Yamaha. Paling rame kemunculan spyshotnya, dan hampir untuk semua tipe nya pasti rame dan bermunculan spyshotnya. Namun entah kenapa, mulai tahun 2017 sepertinya kemunculan spyshot ini sudah mulai berkurang. Bahkan untuk Yamaha LEXi ini sepertinya sepi, bahkan tanpa spyshot sama sekali. Apa mungkin Yamaha mulai tertutup ya, atau tidak mau jadi bahan bully lagi? Mas Bro Gan Sob yang sudah lama memantau blog otomotif pasti tau kejadian bully desain motor modifan tukang SPBU, hehehe, Jangan-jangan Yamaha tidak mau kejadian itu terulang lagi, jadi disimpan rapat-rapat sekarang.

Ok mas bro gan sob, balik lagi mengenai spesifikasi Yamaha LEXi, nih langsung dipelototin aja spesifikasi detail dari Yamaha LEXi dan LEXi-S,

SPESIFIKASILEXILEXI-S
MESIN
Tipe MesinLiquid Cooled 4-stroke, SOHCLiquid Cooled 4-stroke, SOHC
Susunan SilinderSingle CylinderSingle Cylinder
Diameter x Langkah52 x 58.7 mm52 x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi11.2?0.411.2?0.4
Volume Silinder 124.7 cc 124.7 cc
Daya Maksimum8.75 kW / 8000 rpm8.75 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum11.3 Nm / 7000 rpm11.3 Nm / 7000 rpm
Sistem StarterElectric starterElectric starter
Sistem PelumasanWet Sump Wet Sump
Kapasitas Oli MesinTotal = 1.00 L ; Berkala = 0.90 LTotal = 1.00 L ; Berkala = 0.90 L
Sistem Bahan BakarFuel InjectionFuel Injection
Tipe KoplingDry, Centrifugal AutomaticDry, Centrifugal Automatic
Tipe TransmisiV-belt automaticV-belt automatic
DIMENSI
P X L X T1970 mm x 720 mm x 1135 mm1970 mm x 720 mm x 1135 mm
Jarak Sumbu Roda1350 mm1350 mm
Jarak Terendah Ke Tanah133 mm133 mm
Tinggi Tempat Duduk785 mm785 mm
Berat Isi112 kg113 kg
Kapasitas Tanki Bensin4,2 L4,2 L
RANGKA
Tipe RangkaUnderboneUnderbone
Suspensi DepanTelescopic ForkTelescopic Fork
Tipe Suspensi Belakang Unit Swing Unit Swing
Tipe BanTubelessTubeless
Ban Depan 90/90-14M/C 46P 90/90-14M/C 46P
Ban Belakang 100/90-14M/C 57P 100/90-14M/C 57P
Rem Depan DiscDisc
Rem Belakang DrumDrum
KELISTRIKAN
Sistem PengapianTCITCI
Tipe BatteryYTZ7VYTZ7V
Tipe BusiCPR8EA-9 /
U24EPR-9
CPR8EA-9 /
U24EPR-9

Nah untuk perbandingan antara dua varian Yamaha LEXi dan LEXi-S bisa disimak seperti gambar berikut ya mas bro gan sob,

Semoga informasi yang rtb sampaikan di artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan mas bro gan sob yang tertarik dengan Yamaha LEXi. Terimakasih.

Baca juga :

Yamaha LEXi 125, Matic 125cc Yang Katanya Bisa Berakselarasi Seperti 155cc

Mas Bro Gan Sob, tepat 11 hari setelah launching internal, akhirnya PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) memperkenalkan line up barunya untuk tahun 2018 Yamaha LEXi 125. Varian matic 125cc ini melengkapi line up keluarga MAXI Yamaha. Meskipun hadir dengan kapasitas terkecil di keluarga MAXI, motor ini memiliki fitur yang modern dan tak kalah lengkap dengan varian MAXI lainnya.

Acara launching yang digelar di Hotel Four Seasons, Jakarta. Dihadiri juga oleh pembalap Movistar Yamaha MotoGP Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Sedari undangan disebar, banyak pihak yang berasumsi jika acara yang diadakan Yamaha ini akan menghadirkan Yamaha R25 Facelift. Namun ternyata Yamaha LEXi 125 yang dikenalkan. Seperti yang sudah beberapa kali rtb sampaikan, sepertinya trend motor untuk 2018 ini akan lebih berkonsentrasi di varian matic. Walaupun kemungkinan untuk lahirnya produk sport 250cc juga masih ada.

Yamaha LEXi 125 direncanakan dan dikembangkan agar menjadi produk yang trendi di segmen premium. Mengusung konsep “High-Value Utility Commuter Model”, LEXi menyajikan kepraktisan dan berbagai fitur modern dengan tampilan yang menarik.

Motor ini hadir dengan beberapa keunggulannya, salah satunya yang menari adalah mesin 125cc baru yang bisa memiliki akselarasi seperti mesin 155cc, apa saja keunggulan dari Yamaha LEXi ini? Berikut penjabarannya Mas Bro Gan Sob,

1)  Kaya akan Fitur Modern dan Praktis

LEXi memiliki segudang fitur-fitur modern dan praktis yang membuat berkendara Anda lebih mudah dan nyaman daripada motor lainnya.

  • LED head light dengan tingkat terang yang sesuai membuat perjalanan Anda di siang maupun malam hari jauh lebih nyaman dan aman.
  • Electric Power Socket menjamin Anda tetap terhubung dengan siapapun melalui smartphone tanpa takut kehabisan baterai.
  • Ban tubeless dengan tapak lebar menjanjikan kestabilan berkendara yang maksimum.
  • Bagasi yang luas membantu menampung segala jenis barang bawaan selama perjalanan Anda.
  • Hazard Lamp berfungsi memberikan tanda kepada pengandara lain saat Anda dalam kondisi darurat.

Khusus untuk Lexi-S juga dilengkapi dengan:

  • Sub-tank Suspensi membuat berkendaraan terasa lebih lengkap karena sudah menggunakan suspensi tipe suspensi belakang.
  • Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless) membuat kesan mewah dan elegant semakin terasa di Lexi S. Fitur ini membuat berkendara semakin praktis dan aman karena ada fitur Immobilizer dan juga Answer Back System.
2)  Bodi dan Desain Terbaru

Lexi memiliki desain bodi dengan ciri khas MAXI Yamaha. Hal itu yang membuat membuat Lexi menjadi “Sexy”.

Motor ini mewakili identitas MAXI Yamaha namun lebih praktis untuk digunakan berkendara sehari-hari. Lexi punya bobot yang jauh lebih ringan, dibandingkan dengan MAXI Yamaha lainnya. Dengan demikian Lexi sangat nyaman digunakan untuk aktivitas harian pengendara.

Lexi dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan sehari-hari pengendara. Dengan ruang pijakan kaki yang lapang sehingga berkendaraan lebih nyaman dan rileks. Inilah salah satu perbedaan besar dari model MAXI lainnya.

Apalagi ditambah jok berdesain mewah dengan ukuran yang lebih panjang membuat posisi duduk jauh lebih nyaman.

3)  Mesin Baru

Yamaha Lexi mengusung mesin Blue Core 125cc LC4V. Motor ini semakin lengkap karena dibekali teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata disetiap putaran mesin. Lexi juga dilengkapi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Berkendara dengan Lexi jelas lebih irit karena memiliki fitur STOP & START SYSTEM yang membuat mesin STOP / Mati saat berhenti lebih dari 5 detik dan START / Menyala kembali saat tuas gas diputar. Fitur ini mengurangi risiko bahan bakar terbuang percuma saat motor sedang berhenti.

Perlu diketahui bahwa dalam kondisi tertentu akselerasi Yamaha Lexi bisa sama seperti mesin 155 cc.*

(*tergantung pada kemampuan pengendara dan kondisi jalan)

4)  Desain Mewah dan Elegan

Desain Lexi memiliki tampilan yang mewah dan elegan karena memiliki pilihan warna Matte yang atraktif seperti Matte Red, Matte Grey dan White pada Yamaha Lexi serta Matte Blue, Matte Grey dan Bronze pada Yamaha Lexi-S. Dengan lampu depan Grand LED membuat Lexi terlihat sangat berkelas. Lexi menggunakan Digital Speedometer modern dan informatif yang sangat berguna bagi setiap pengendara.

Baca juga :

Basa-basinya Vinales, Berharap Rossi Perpanjang Kontrak Setelah 2018

Mas Bro Gan Sob, bersamaan dengan launching livery baru tim Movistar Yamaha MotoGP Maverick Vinales resmi memperpanjang kontrak dengan tim Movistar Yamaha selam dua tahun lagi. Pembalap muda ini harusnya bisa tenang dan fokus ke balapan karena hingga tahun 2020 bisa dipastikan dia tidak perlu pusing mencari tim balap. Namun beda cerita dengan Valentino Rossi, yang di pramusim 2018 ini belum memutuskan perpanjangan kontrak atau tidak. Sebagai rekan satu tim, Vinales berharap Rossi perpanjang kontrak setelah 2018.

Kontrak Valentino Rossi dan Movistar Yamaha berakhir di penghujung musim MotoGP 2018 ini. Namun Rossi mengaku tidak mau terburu-buru mengambil keputusan untuk perpanjangan kontrak. Rossi sepertinya ingin merasakan balapan musim 2018 dulu sebelum ia memastikan untuk perpanjang kontrak atau tidak.

Vinales mengaku jika menjadi satu tim dengan pembalap senior mantan juara dunia ini memberikannya motivasi dan semangat tersendiri. Hal ini yang membuatnya ingin agar Rossi bisa tetap menjadi rekan timnya setelah musim 2018 ini.

Musim 2017 dilewati mereka berdua tanpa banyak perselisihan, keduanya nampak akur baik diluar maupun di dalam track balapan. Berbeda dengan musim 2016 lalu, ketika Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo masih satu tim di Yamaha.

Menurut Vinales, Rossi merupakan bagian penting dari tim, Rossi memberikan semangat tambahan untuk Vinales. Bagaimanapun juga meskipun mereka satu tim, namun didalam track balapan pasti mereka ingin bersaing untuk menjadi yang tercepat, dan jika rekan satu tim kita bisa dibarisan terdepan, pasti kita ingin lebih didepan darinya.

Hasil akhir musim 2017 memang menempatkan posisi Maverick Vinales diatas Valentino Rossi, Vinales meraih poin akhir yang lebih tinggi dibandingkan Rossi. Namun raihan ini masih belum berarti bagi Vinales.

Keputusan perpanjangan kontrak Vinales harusnya memberikan kesempatan yang bagus untuk Vinales agar bisa lebih fokus kepada balapannya. Ia harus bisa lebih konsisten dari awal musim 2018 ini. Bagaimanapun menang sekali dua kali diawal musim tak menjadi jaminan bahwa ia akan sukses di musim 2018.

Sebenarnya ada beberapa tawaran yang diajukan tim lain untuk Vinales, namun ia memilih untuk tetap bersama dengan Yamaha.

Mas Bro Gan Sob, entah serius atau tidak, namun melihat dari hubungan keduanya di tim Movistar Yamaha, nampak jika Vinales dan Rossi memang jarang terlibat masalah. Mungkin bisa jadi Vinales mengalah karena sadar ia pembalap junior yang butuh sedikit basa-basi dengan seniornya. Secara skill keduanya boleh diadu, dan Vinales sebenarnya memiliki potensi untuk lebih berkembang dibandingkan di musim 2017 lalu dan seharusnya ia juga bisa keluar dari bayang-bayang mantan juara dunia itu.

Baca Juga :