Maintenance Monocross Yamaha Scorpio

Maintenance Monocross Yamaha Scorpio. Dulu sekali saya pernah membuat artikel yang kurang lebih bertema sama Bongkar CR-AR Scorpio. Namun kali ini saya menambahkan video dokumentasi untuk proses maintenance monocross yamaha scorpio. Yamaha scorpio menggunakan teknologi monocross untuk suspensi belakangnya. Secara kasat mata teknologi ini terdiri dari swing arm dengan link conrod, arm relay serta mono shock.

sumber : maskurmambang.com

Masalah yang biasa dikeluhkan pemilik yamaha scorpio adalah shock yang berasa ambles serta bunyi decit pada shocknya. Bunyi ini pun hanya kadang-kadang muncul, terlebih yang motornya jarang dicuci. Menghadapi kenyataan bahwa ini adalah masalah yang biasa muncul akhirnya saya berusaha untuk bisa melakukan maintenance sendiri. Agar tidak perlu bolak-balik bengkel untuk masalah ini. Untuk masalah shock yang berasa ambles, saya mengganti conrod menjadi lebih pendek. Conrod yang saya pilih menggunakan bahan yang tebal serta bearing bambu pada kedua lubanya. Alhasil buritan lebih nungging, shock tidak ambles dan tetap empuk. Sementara untuk bunyi decitan saya mengatasi dengan memaintenance sendiri linknya, tiap beberapa bulan saya bongkar dan saya lumasi dengan grease bushing & bearingnya.

Cukup mudah saja untuk melakukannya, bisa dilakukan sendirian. Siapkan kunci T ukuran 19 dan kunci ring/pas ukuran 17-19. Kemudian posisikan motor di tempat yang datar dan pasang standart tengah. Gunakan kunci ring/pas untuk membuka murnya, mungkin untuk pertama sedikit susah membukanya. Setelah mur bisa dikendorkan, gunakan kunci ring/pas untuk menahan dan gunakan kunci T untuk memutar bautnya. Pengalaman saya, ganjal sedikit roda belakannya agar baut lebih mudah dilepas. Untuk conrod yang sudah saya gunakan kurang lebih 4 tahun ini baru sekali ganti bearing. Dan pada saat saya bongkar ternyata bearingnya sudah tidak mau berputar, jadi harus diganti.

Untuk melepas bearingnya pun tidak terlalu sulit, saya hanya membutuhkan palu dan kunci T. Dipukul pelan-pelan dari salah satu sisi bearing sudah bisa dilepas. Begitupula untuk memasangnya. Untuk cara dan dokumentasinya bisa disimak di video berikut.

Bagi yang akses dari HP video bisa dilihat disini

Terimakasih.

Mengganti Oli Mesin Yamaha Scorpio

redto-black.web.id – Mengganti Oli Mesin Yamaha Scorpio. Antara hobi dan kebiasaan, saya terbiasa melakukan sendiri perawatan ringan untuk motor saya. Terutama untuk penggantian oli mesin, dari awal memiliki saya sudah terbiasa mengganti oli Yamaha Scorpio sendiri. Alasan saya sederhana saja, saya niat, ada waktu dan punya peralatan yang mencukupi. Kenapa tidak dibawa ke bengkel saja? kan tidak repot tidak kotor? benar memang, tapi saya suka bosan kalau menunggu antrian. Selain itu menurut saya lebih aman dikerjakan sendiri. Kebiasaan saya, saya selalu melakukan penggantian oli mesin di pagi hari. Setelah semalam motor tidak saya pakai sama sekali, kondisi mesin dingin. Karena menurut saya lebih aman mengganti oli saat mesin dingin. Selain resiko terkena oli yang panas atau bagian mesin yang panas, namun bisa juga mengurangi resiko baut pembuangan oli slek (rusak drat/kepala bautnya).

Berikut dokumentasi proses mengganti oli mesin yamaha scorpio yang saya buat. Pertama siapkan dulu peralatannya, yaitu :

Tang
Kunci Sok ukuran 12 (sesuai ukuran kepala baut pembuangan oli)
Corong
Bak plastik untuk penampung oli bekas
Oli mesinnya
Alas dan Kain Lap

Posisikan motor dengan standart tengah. Cari baut pembuangan oli yang berada di bagian bawah mesin sebelah kiri, dekat dengan as persneling. Lalu bersihkan sebelum denga kain lap sebelum dibuka. Apabila sudah bersih, siapkan bak plastik, pasang tepat dibawah baut pembuangan oli. Lalu lepaskan baut pembuangan olinya, untuk yamaha scorpio, arah untuk melepas bautnya dengan memutar searah jarum jam.

Posisi baut pembuangan oli Yamaha Scorpio

Setelah baut selesai dilepas tunggu beberapa saat sampai oli keluar. Berhubung saya tidak memiliki kompresor untuk meniup oli yang masih didalam, saya menunggu agak lama dan saya miringkan motor saya, agar oli mau mengalir keluar. Oh ya, jangan lupa, buka penutup oli mesin yang ada dibagian kanan mesin.

Tunggu hingga oli  mengalir keluar dari lubang pembuangan dan hanya tinggal tetes-tetesan saja. Apablia sudah cukup, tutup kembali baut pembuangan olinya. Ingat untuk menutup/mengencangi bautnya dengan arah melawan arah jarum jam. Untuk menutupnya tidak perlu terlalu kuat, cukup sampai baut menutup dengan rapat dan cukup dikencangkan dengan tangan saja. Jangan terlalu kuat karena takutnya baut akan slek pada saat membuka berikutnya.

Berikut video dokumentasi yang saya buat pada saat saya mengganti oli mesin saya kemarin.

Bagi yang akses menggunakan HP, video bisa dilihat disini

[display-posts category=”DIY” posts_per_page=”10″]

Harga Promo Suzuki GSX-R & GSX-S 150 diperpanjang

Harga Promo Suzuki GSX-R & GSX-S 150 diperpanjang. Dulu pada saat Launching Suzuki GSX-R 150 & GSX-S 150 area Jawa Tengah Mr. Morikawa Daigo menyampaikan bahwa harga promo Suzuki GSX-R & GSX-S 150 akan berlaku hingga akhir bulan Maret 2017. Namun ternyata, kabar baiknya promo tersebut dilanjutkan kembali. Promo harga penjualan akan diperpanjang hingga akhir bulan Mei 2017. Pernyataan ini disampaikan di akun resmi facebook Suzuki Motorcycles Indonesia.

sumber : facebook Suzuki Motorcycles Indonesia

Perpanjangan masa promo  harga  penjualan ini merupakan wujud apresiasi Suzuki terhadap besarnya antusias dan respon dari konsumen. Sekedar mengingatkan, untuk harga OTR di area Jawa Tengah, Suzuki GSX-R 150 dipatok seharga 28,9 juta dan GSX-S 150 seharga 24,9 juta. 

#readytodominate #nyalakannyali