Tutup Seri MotoGP 2017 Dani Pedrosa Raih Podium Pertama Valencia 2017

Mas Bro Gan Sob, Tutup Seri MotoGP 2017 Dani Pedrosa Raih Podium Pertama Valencia 2017. Gelar juara dunia sudah jelas menjadi milik Marc Marquez sejak balapan tersisa 5 lap. Meskipun Marc Marquez sempat melebar di lap ke 23 namun ternyata Andrea Dovizioso melebar dan terjatuh merasakan kerasnya gravel sirkuit Ricardo Tormo Valencia di lap ke 25.

Dengan ini Marc Marquez jelas meraih juara dunia MotoGP 2017. Finish di posisi ke 3 menambah kemeriahan pesta kemenangan Marc Marquez. Hal yang luar biasa juga diperoleh rekan setim Marc Marquez, Dani Pedrosa yang selalu mampu tampil menakjubkan jika Marc Marquez sedikit mendapatkan melenceng.

Keberhasilan Dani Pedrosa meraih podium pertama diikuti Johan Zarco yang mampu finish di posisi ke 2. Sebuah penampilan yang bagus untuk tim Yamaha satelit.

Berikut hasil wawancara dengan 3 pembalap peraih podium yang saya kutip dari motorsport.com

Marc Marquez

Marquez: “You know, amazing, amazing feeling, during the race I was always trying to be calm, trying to control the situation but suddenly I say ‘okay now it is time to push’ because I felt really good. But in Turn 1 honestly I lost the concentration on the brake point, I brake too late and, you know, Marquez-style until the end.

“I want to congratulate Dovi and all the Ducati staff, because they did amazing, and the fair play was there, so really happy.”

Johann Zarco

Zarco: “I really thought I can win the race, I asked not to show which one is behind me, I wanted to keep a clear mind, and I thought Marquez was behind. But in the end it was Pedrosa, and when he overtook me on the first corner of the last lap, he was clever because he waited a little bit and then I couldn’t go well into the corner. And when I saw it was Dani, I knew I could be stronger than him on the brake, but all the time some metres were missing to overtake him.”

Dani Pedrosa

Pedrosa: “Well, it was a very difficult race because I wasn’t feeling so comfortable with the front, I was struggling with the front grip all race. And I didn’t find the perfect feeling. But at the end I could see that the race was there and I had to go. Johann was very strong all the race, so it was very difficult because he was braking and going into the corner very fast, but in the end I had to try. I try a few different times but I make mistakes, and finally into Turn 1 I could make it stick. Obviously I knew he would come back so I try to block in the rest of the track.

“Amazing to finish the season in that style, and I’m very proud because in front of all these people it’s amazing.”

Hasil MotoGP Valencia bisa disimak seperti  berikut :

Baca juga :

 

Menangkan Final Showdown Valencia, Marquez Juara Dunia MotoGP 2017

Mas Bro Gan Sob, Menangkan Final Showdown Valencia, Marquez Juara Dunia MotoGP 2017. Seri Valencia menjadi seri penentu juara dunia MotoGP 2017. Keunggulan point yang dimiliki Marc Marquez ternyata belum cukup untuk melakukan pesta kemenangan dini. Salah satu penyebabnya adalah kemenangan Dovizioso di Sepang yang membuat Marquez batal gelar pesta kemenangan.

Seri Valencia dimulai dari latihan bebas pada hari Jum’at 10 November 2017. Sesi latihan bebas pertama dikuasai oleh Andrea Ianone, pembalap Suzuki ini memberikan performa yang baik di latihan bebas pertama. Sementara itu Andrea Dovizioso dan Marc Marquez hanya menempati posisi ke 4 dan ke 5.

Berlanjut ke sesi latihan bebas kedua, Jorge Lorenzo menunjukkan hasil yang sangat bagus, ia menjadi yang tercepat di latihan bebas kedua ini. Ia mencatatkan waktu tercepat 1m 30.640s di sirkuit Ricardo Tormo Valencia ini. Dani Pedrosa menyusul di posisi kedua. Marc Marquez mengalami kecelakaan di latihan bebas kedua ini, namun ia masih bisa menempati posisi tercepat ke-4. Dovi mampu memperbaiki posisi menjadi tercepat ke 3.

Jatuh di latihan bebas kedua ternyata tidak membuat Marquez ciut nyalinya, ia justru bisa menjadi yang tercepat di latihan bebas ke 3 dan akhirnya menjadi peraih pole position di kualifikasi. Marc Marquez mencatakan waktu tercepatnya 1m 29.897s. Sementara itu sang penantang Andrea Dovizioso hanya mampu meraih posisi tercepat ke-9.

Balapan di Valencia dimulai dalam kondisi cuaca yang cerah. Marc Marquez menunjukkan dominasinya dari awal start, hingga lap pertama ia sudah memimpin balapan. Memulai balapan dari grid ke-3 nampaknya membuat perjuangan Dovizioso semakin berat untuk meraih juara dunia. Namun Dovi tak mudah menyerah, masuk ke lap ke-2 ia mampu menembus posisi ke 5.

Johann Zarco memberikan penampilan yang bagus, lebih dari kedua pembalap pabrikan Yamaha. Ia mampu menyodok posisi pertama di lap ke 4. Dan nampak seperti Marquez membiarkan Johann Zarco memimpin didepan. Hingga 13 lap di jalani, posisi 5 terdepan masih ditempati Johann Zarco. Marc Marquez, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Memimpin di depan Andrea Dovizioso nampaknya Lorenzo diminta untuk mundur 1 posisi di lap ke 19. Apakah ini yang dinamakan team order? atau strategi?

Di lap ke 23 Marquez melebar setelah berhasil mendahului Johann Zarco, ia hampir terjatuh dan menyeret dengkulnya untuk menyelamatkan diri, menahan motornya. Hanya bertahan sementara ternyata Jorge Lorenzo harus terjatuh dan diikuti Dovizioso menyusul jatuh. Nampaknya hasil sudah terlihat mulai di lap ke 25 ini.

Dovisiozo sudah tak sanggup lagi kembali ke track ia harus merelakan juara dunia ke tangan Marc Marquez. Selamat Marc Marquez!

Akhirnya musim MotoGP 2017 usai sudah, dengan hasil Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2017. Sampai jumpa di MotoGP tahun 2017, semoga semakin seru dan menarik dengan hadirnya pembalap baru.

Sumber gambar : motogp.com

Baca Juga :

Honda Kenalkan New Honda CB250R 2018 Di Suzuka Jepang

Mas Bro Gan Sob, berita mengejutkan datang dari Honda Jepang, ternyata Honda kenalkan New Honda CB250R 2018 di Suzuka Jepang pada tanggal 12 November 2017. Di EICMA kemarin Honda memperkenalkan 3 varian motor berkonsep Neo Sports Cafe untuk pasaran Eropa. Tiga model tersebut adalah Honda CB1000R, CB300R dan CB125R.

Honda Jepang mengadakan acara CB Owner Meeting di sirkuit Suzuka, Honda memperkenalkan motor model barunya tersebut. Namun ternyata ada satu unit yang berbeda, yaitu Honda CB250R. Honda memang tidak memperkenalkan Honda CB300R ke Jepang, yang dilaunching ke pasaran Jepang ternyata Honda CB250R.

Honda CB250R yang disiapkan untuk pasaran Jepang ini memiliki desain yang sama dengan Honda CB300R yang diperkenalkan di EICMA Milan. Faktanya memang motor 250cc ini hanya untuk area tertentu, contohnya ya Jepang ini. Basic mesinnya pun sama, namun dengan penurunan kubikasi mesin menjadi 250cc.

Honda CB250R ini dilengkapi dengan shock upside down merk Showa, speedometer full digital. Antara Honda CB250R dan CB125R ternyata memiliki sasis yang mirip.

Mas Bro Gan Sob, disimak saja gambar berikut biar makin yakin ini benar-benar New Honda CB250R 2018,

Nih Mas Bro Gan Sob, untuk informasi tambahan mengenai riding positionnya, simak gambar perbandingan riding position dari ketiga motor tersebut (CB1000R,CB250R dan CB125R)

Terlihat jika riding positionnya tidak terlalu berbeda.

Dari posisi ini nampak jika Honda CB1000R lebih tinggi sedikit dibandingkan CB250R dan CB125R.

Nah Mas Bro Gan Sob, apakah ini pertanda jika motor 250cc ini juga akan dipasarkan dikawasan Asia? terutama di Indonesia? Kita tunggu saja bersama.

Sumber : young-machine.com

Baca juga :

Konsep Neo Sports Cafe Itu Tertuang Nyata Di Honda CB1000R 2018

redto-black.web.id – Konsep Neo Sports Cafe Itu Tertuang Nyata Di Honda CB1000R 2018. MasBro Gan Sob, kalau boleh dibilang konsep Neo Sport Cafe milik Honda itu merupakan sebuah platform besar yang akan menampung beberapa model motor dan turunan-turunannya. Saat ini konsep ini tertuang nyata dalam 3 plus 1 line up terbaru Honda. Selain CB1000R, CB300R, CB125R sudah ada Honda CB150R yang memiliki konsep sama dengan Neo Sports Cafe.

Bagi saya yang suka dengan naked sport empat varian ini jujur bikin ngiler, meskipun kapasitas mesinnya masih belum cocok bagi saya. Saya masih berharap jika akan ada varian 250cc dari Honda dengan konsep Neo Sports Cafe ini.

Mas Bro Gan Sob, dari beberapa bulan lalu sudah muncul renderan akan wujud Honda CB1000R 2018. Hampir semua konsep renderannya menganut model Honda CB150 Exmotion yang duluan mbrojol di Thailand. Tahap selanjutnya Honda mengeluarkan video teaser mengenai konsep Neo Sports Cafe ini dan pada puncaknya di Tokyo Motor Show 2017 Honda mengeluarkan motor konsepnya.

Dengan munculnya motor konsep tersebut semua yakin jika itu merupakan konsep dari Honda CB1000R. Meskipun akhirnya konsep Neo Sport Cafe ini tidak hanya untuk Honda CB1000R. Dan akhirnya jelas juga bahwa wujud asli dari Honda CB1000R ini benar-benar tergambar dari konsep tersebut.

Motor dengan kapasitas mesin 998cc ini diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 143,5bhp pada putaran mesin 10,500rpm. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan fitur throttle-by-wire, assist slipper clutch dan 3 pilihan mode berkendara.

Nah Mas Bro Gan Sob, untuk spesifikasi lengkapnya bisa disimak seperti berikut :

ENGINE
TypeLiquid-cooled DOHC In-line 4 cylinder
Valves per cylinder4
Engine Displacement (cm³)998cc
Bore and Stroke (mm)75mm x 56.5mm
Compression Ratio11.6:1
Max. Power Output143.5 bhp @ 10,500rpm
Max. Torque104Nm @ 8,250rpm
FUEL SYSTEM
CarburationPGM-FI
Fuel Tank Capacity16.2 litres
Fuel Consumption48.6 mpg
ELECTRICAL SYSTEM
StarterElectric
Battery Capacity12V/8.6AH
DRIVETRAIN
Clutch TypeWet, multiplate clutch
Transmission Type6-speed
Final DriveChain
FRAME
TypeSteel mono backbone
CHASSIS
Dimensions (LxWxH)2120mm x 789mm x 1095mm
Wheelbase1455mm
Caster Angle25 degrees
Trail100mm
Seat Height830mm
Ground Clearance135mm
Kerb Weight212kg
SUSPENSION
Type FrontShowa SFF-BP USD fork
Type RearShowa BRFC (Balance Free Rear Cushion)
WHEELS
Rim Size FrontCast aluminium
Rim Size RearCast aluminium
Tyres Front120/70 ZR17
Tyres Rear190/55 ZR17
BRAKES
ABS System Type2 channel
Front310mm double disc
Rear256mm single disc
INSTRUMENTS & ELECTRICS
InstrumentsLCD
HeadlightLED
TaillightLED

sumber gambar : motofire.com

Baca Juga :