30/04/2024

rtb.web.id

me, my soul & my ride √√√

Honda CB300R Neo Sports Cafe Satu Silinder

3 min read
Honda CB300R

redto-black.web.id – Honda CB300R Neo Sports Cafe Satu Silinder. Mas Bro Gan Sob, terbukti sudah jika konsep Neo Sports Cafe Honda tak hanya untuk motor dengan cc besarnya. Kubikasi mesin kecil dan menengah pun memperoleh penerapan konsep ini. Tampaknya konsep perpaduan retro modern akan menjadi trend motor 2018. Selain itu sepertinya model lampu bulat akan menjadi trend juga.

Seperti yang sudah saya informasikan sebelumnya, Honda sudah merilis tiga produk baru dengan konsep neo sport cafe. Produk tersebut antara lain Honda CB125R, Honda CB300R dan Honda CB1000R. Honda CB300R boleh dibilang seperti versi mininya dari Honda CB1000R. Awalanya saya berpikir jika Honda CB300R ini merupakan versi nakednya dari Honda CBR250RR yang sudah dual silinder dengan peningkatan kapasitas volume mesin. Namun sayangnya Mas Bro Gan Sob, ternyata Honda CB300R ini masih satu silinder saja.

Honda CB300R ini masih menggunakan mesin sama seperti pendahulunya, mesin dengan kubikasi 286cc yang diklaim bisa mengeluarkan tenaga sebesar 31bhp. CB300R ini dibangun dengan konstruksi frame tubular, swing arm plat besi dan shock upside down 41mm.

Untuk perangkat pengereman, Honda CB300R ini diberikan sistem ABS untuk standartnya. Rem depan disenjatai dengan kaliper 4 piston yang siap mencengkeram piringan cakram selebar 296mm. Untuk rem belakang dipasangkan kaliper piston tunggal dan piringan cakram dengan lebar 220mm.

Mas Bro Gan Sob, untuk spesifikasi detailnya bisa disimak seperti berikut :

ENGINE
TypeLiquid-cooled single cylinder
Engine Displacement (cm³)286cc
Bore and Stroke (mm)76mm x 63mm
Compression Ratio10.7:1
Max. Power Output31bhp/8500rpm
Max. Torque27.5Nm/7,500rpm
Oil Capacity1.8L/1.5L
FUEL SYSTEM
CarburationPGM-FI
Fuel Tank Capacity10.0L
Fuel consumption85 mpg
ELECTRICAL SYSTEM
StarterElectric
Battery Capacity12V-7AH
ACG Output318W
DRIVETRAIN
Clutch TypeWet, multiplate hydraulic clutch
Transmission Type6-speed
Final DriveChain
FRAME
TypeSteel diamond frame
CHASSIS
Dimensions (LxWxH)2012mm x 802mm x 1052mm
Wheelbase1352mm
Caster Angle24º
Seat Height799mm
Ground Clearance151mm
Kerb Weight143kg
Turning radius2.3m
SUSPENSION
Type Front37mm telescopic fork, 130mm stroke
Type RearMonoshock damper, Pro-Link swingarm, 107mm travel
WHEELS
Rim Size Front17inch
Rim Size Rear17inch
Tyres Front110/70R17M/C 54H
Tyres Rear150/60R17M/C 65H
BRAKES
ABS System Type2 channel with IMU
Front296mm hubless floating disc with radial-mount Nissin 4-piston caliper
Rear220mm disc with single piston caliper

Terlepas dari mesinnya yang masih menggunakan single silinder, sebenarnya produk ini berpeluang bagus untuk pasaran Indonesia. Pasaran naked sport 250cc baru dimeriahkan oleh Yamaha dan Kawasaki. Namun memang harus berhati-hati jika ingin memasukkan motor dengan cc nangung, apalagi masih single silinder, bisa-bisa malah jadi bahan guyonan fans boy merk sebelah. Ya bukannya sanksi sih, tapi tipikal konsumen Indonesia itu unik.

sumber gambar : motofire.com

baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *