20/05/2022

rtb.web.id

me, my soul & my ride √√√

Switch Rem Universal, Cocok Untuk Modifikasi Rem Cakram

2 min read
Switch Rem Universal

Switch Rem Universal

Assalamualaikum Teman-teman, kembali dengan artikel DIY, kali ini saya akan membahas mengenai part pengganti yang bisa digunakan untuk pengganti switch rem universal, yang mana bisa digunakan untuk rem cakram baik depan maupun belakang. Switch ini berfungsi untuk menggantikan switch rema asli agar fungsi lampu rem tetap bisa digunakan ketika kita melakukan modifikasi pengereman. Terutama untuk yang memodifikasi dari rem tromol ke rem cakram.

Semenjak redto-black dimodif menggunakan velg chemco sistem pengereman belakang diubah dari yang tadinya tromol menjadi cakram. Menyesuaikan perubahan tersebut, fungsi switch rem belakang menjadi tidak bisa digunakan karena posisinya mentok dengan master rem. Alhasil dari tahun 2014 hingga tahun 2022 ini lampu rem belakang tidak menyala jika saya hanya menggunakan rem belakang saja. Dulu memang sengaja tidak dicarikan cara atau alternatif untuk memfungsikan kembali switch rem tersebut, namun di tahun 2022 ini saya iseng untuk mencoba agar switch rem bisa berfungsi kembali.

Awalnya saya sempat melakukan riset dengan melihat komponen switch rem dan bracket yang terpasang di Yamaha New Vixion (NVL maupun NVA) dan sudah mencoba membelinya. Secara desain memang bisa masuk dan dipasang di brakcet master rem yang saya gunakan, namun secara ruang ternyata tidak cukup ruang untuk memasang brakcet dan switch remnya. Akhirnya mencoba untuk mencari-cari solusi lain dan menemukan banjo bolt switch / hidrolik switch yang biasa dipasang untuk master rem aftermarket.

Pertama menemukan switch merk TDR yang harganya Rp. 180.000, namun masih mikir, masa iya harus beli yang harganya segitu. Selang remnya aja kemarin hanya Rp. 125.000 harganya. Akhirnya mencoba mencari barang serupa namun dengan harga yang lebih murah. Ternyata saya berhasil menemukan beberapa switch yang sama dengan harga yang lebih bervariasi, dan pilihan berujung di switch yang harganya Rp. 72.000.

Switch Rem Universal
Switch Rem Universal

Singkat cerita setelah memesan dan menunggu pembelian dari toko online banjo bolt switch tersebut datang juga. Cukup sederhana saya barangnya, dan langsung bisa dipasang sendiri. Jadi switch ini difungsikan dengan cara mengganti baut nepple/banjo bolt yang ada di master rem. Kemudian dihubungkan dengan socket switch rem yang sudah ada di motor. Untuk proses pemasanganya bisa disimak di video berikut :

Sekarang lampu rem sudah berfungsi kembali, sudah bisa menyala ketika saya injak rem belakang. Untuk foto terpasang seperti berikut

Terimakasih sudah membaca artikel saya ini, semoga bermanfaat.

Mas Bro Gan Sob, Silahkan dikomentari, gratis kok

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.