Honda CRF250R 2018 resmi dikenalkan

redto-black.web.id – Honda CRF250R 2018 resmi dikenalkan di Amerika. Dalam pembukaan acara khusus bersama crosser Honda ternama di ajang  AMA Amateur National Motocross Championship di Loretta Lynn’s Ranch. Honda Amerika meluncurkan all-new Honda CRF250R 2018. Didesain dan dikembangkan mengikuti filosofi ” Absolute Holeshot ” seperti CRF450R, Model motorcross yang sangat dinanti ini memiliki sejumlah update yang ditujukan untuk mencapai daya maksimum dan handling yang optimal.

Mesin

Untuk mencapai tujuan pengembangan powerplant mereka dengan tujuan peningkatan daya (terutama pada putaran yang lebih tinggi), para insinyur memberi mesin desain dual-overhead-cam 249cc yang baru, menggunakan rocker arm dengan Diamond Like Coating (DLC). Intake titanium dan exhaust valve yang lebih besar dan memiliki lift yang lebih tinggi dan sudut yang lebih sempit, sedangkan per klep sekarang memiliki penampang oval untuk menjaga agar ketinggian mesin serendah mungkin. Mesinnya memiliki dimensi yang lebih mengkotak, offset silinder lebih meningkat, dan piston dengan desain bridge-box yang pertama untuk produksi motocross Honda. Sistem intakenya didesain untuk efisiensi yang maksimal, dengan dua port exhaust dan dua knalpot ganda yang memiliki jalura yang lebih halus dan panjang pipa yang optimal. Starter elektrik biasa yang disupplay dengan baterai li-po kecil dan ringan. Dan hasil perubahan ini menghasilkan mesin dengan daya lebih tinggi seluruh putaran, terutama pada putaran tinggi.

 

Rangka

Honda CRF450R 2017 menetapkan standar baru untuk kendaraan dengan mesin motocross, dengan berat yang padat serta center of gravity yang rendah. Honda CRF250R 2018 mengikuti, dengan mengurangi berat kendaraan secara keseluruhan namun menambahnya pada bagian belakang kendaraan. Layoutnya lebih ramping dan rendah, dan mesinnya memiliki traksi roda belakang yang luar biasa namun lift depan minimal ideal untuk start dan akselarasi yang kuat. Frame utama dengan alumunium yang lebih ringan sekarang diperkuat untuk mengoptimalkan karakteristik yang lentur dan memberi kestabilan yang baik dan feedback yang handal untuk pengendara, sementara jarak sumbu yang lebih pendek meningkatkan kelincahannya. Tangki bahan bakar titanium serta pengurangan subframe membuat berat berkurang drastis, per shock Showa baru memberikan andil yang sempurna, serta letak shock yang lebih rendah dan ketengah memberikan peningkatan stabilitas. Desain bodi dibuat menyerupai saudara tua CRF250R dalam bentuk dan funsionalitasnya, dengan tampilannya yang minimalis. Honda CRF250R 2018 ini dibelaki dengan ban Dunlop Geomax® MX3S.

Sebagai hasil dari update mesin dan sasisnya, CRF250R 2018 meningkat tiga persen dalam kinerja awal dibandingkan pendahulunya, seiring dengan akselerasi dan handling yang lebih baik.

Update Penting

  • More over-square bore/stroke dimensions
  • Increased valve size/lift, narrower valve angle, oval cross-section valve springs
  • Higher compression ratio
  • Downdraft air intake
  • Dual exhaust ports/headers/exhausts
  • Electric start
  • Lighter frame/subframe with optimized flexibility characteristics
  • Revised chassis geometry for lighter handling, improved rear traction, reduced front-end lift
  • Coil-spring fork
  • Titanium fuel tank

sumber : racerxonline.com

 

 

Honda Supra GTR150 Bebek Gambot dari Honda

redto-black.web.id – Honda Supra GTR150 Bebek Gambot dari Honda. Sukses dengan brand image Supra, yang selama ini memiliki banyak generasi, mulai dari yang 110cc sampai dengan 125cc. Ternyata Honda tertarik juga untuk meramaikan pasaran bebek gambot, alias bebek rasa sport. Yup, Supra yang satu ini hadir dengan kubikasi mesin 150cc. Tentunya tau sendirikan, selama ini kelas 150cc dirajai siapa? itu tuh, Suzuki Satria FU yang banyak menjadi idola anak muda. Hadirnya Honda Supra GTR150 melengkapi generasi Supra. Selama ini Supra termasuk generasi bebek Honda yang laris manis di pasaran, keluarga saya sendiri terhitung sudah empat kali beli supra, Supra X tahun 2005, Supra X 125 tahun 2008 & 2009 dan terakhir Supra X 125 tahun 2016.

Untuk Supra X 125, saya pernah menggunakan untuk harian pada tahun 2009 sampai tahun 2012. Untuk ukuran badan saya yang gambot juga, Supra X 125 termasuk tangguh, trek tanjakan Tawangmangu – Sarangan, Boyolali – Selo ditaklukan dengan mudah. Balik ke topiknya Honda Supra GTR150, sebelum launching Honda Supra GTR150, Honda sudah terlebih dahulu meluncurkan Honda Sonic 150, secara desain saya sendiri lebih menyukai Honda Supra GTR150 dibandingkan dengan Sonic 150.

Mari kita ulas mulai dari spesifikasinya, saya sendiri sih belum sempat test ride ataupun menjajal langsung performanya, jadi untuk ulasan ini masih bersifat diatas kertas saja, apa yang tertulis di brosur.

Dimensi
Dimensi (P x L x T)2.025 x 725 x 1.102 mm
Jarak Sumbu Roda1.284 mm
Jarak Terendah Ke Tanah150 mm
Ketinggian Tempat Duduk780 mm
Berat Kosong119 kg
Radius Putar1.900 mm

Rangka
Tipe RangkaTwin Tube Steel
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangLengan Ayun dengan Suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan90/80 – 17 46P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang120/70 – 17 58P (Tubeless)
Rem depanCakram Hidrolik
Rem belakangCakram Hidrolik

Mesin
Tipe mesin4 Langkah, DOHC – 4 Katup
Sistem Pendinginan MesinLiquid Cooled with Auto Fan
Diameter x Langkah57,3 x 57,8
Kapasitas Mesin149,16 cc
Perbandingan kompresi11,3 : 1
Daya Maksimum11,6 kW (15,9PS) / 9.000 rpm
Torsi Maksimum13,5 Nm (1,38 kgf.m) / 6.500 rpm
Tipe KoplingWet Multiplate with Coil Springs
Sistem StartElectric & Kick Starter
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Sistem PelumasanBasah

Supra GTR150 ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar 4,5 liter, menggunakan transmisi manual dengan enam percepatan dengan pola 1-N-2-3-4-5-6. Untuk kelistrikan menggunakan accu kering 12V 5A. Untuk harga saat ini ada dikisaran 21juta-an.

Supra GTR150 memiliki beberapa varian warna, antara lain Sporty Spartan Red, Sporty Nitric Orange, Exclusive Gun Black.

Secara desain, Supra GTR150 ini lebih cocok digunakan Honda untuk head to head dengan Yamaha MX King. Kubikasi mesin yang sama, desain dengan arah yang sama, dan pastinya mengarah pada pasaran yang sama. Untuk penjualannya bagaimana? kita lihat saja

sumber : www.hondacengkareng.com

Mungkin mas bro gan sob tertarik juga untuk membaca artikel ini :

Widget not in any sidebars