Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15
2 min readredto-black.web.id – Ini Jadinya Kalau Yamaha Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15. Alkisah seorang eksekutif muda yang putus asa dengan tunggangannya. Dijual harga jualnya bikin sakit hati lebih baik dimodifikasi, begitu tuturnya. Yamaha Scorpio keluaran tahun 2008 ini disulap menjadi lebih ganteng. Empunya memilih mencangkokkan kaki depan Yamaha Xabre dan kaki belakang Yamaha R15. Iya, suspensi depan menggunakan Up Side Down Shock (USD) Yamaha Xabre dan swingarm banana Yamaha R15. Tak lupa shock absorber belakang juga menggunakan milik Yamaha Xabre dan linknya mengunakan milik New Vixion. Overall menurut pemiliknya pemasangannya sangat mudah dan tidak terlalu banyak perubahan major. Bahkan untuk proses pemasangan dilakukan sendiri oleh pemiliknya.
Untuk kaki depannya, satu set USD Yamaha Xabre, lengkap dengan segitiga atas bawah dicangkokkan langsung ke Scorpio. Untuk as komstir sudah sama tinggal pasang saja.
Agar fungsi lampu, kontak dan kunci stang masih bisa dipakai maka segitiga atas asli Scorpio dipotong dan ditempelkan ke Segitiga atas Yamaha Xabre. Sedangkan untuk bracket lampunya segitiga bawah Xabre dibor diberi lubang untuk dudukan bracket lampu.
Kunci kontak dan kunci stang tetap bisa berfungsi, segitiga atas Yamaha Xabre sedikit dicoak untuk posisi kontak.
Sementara untuk swingarm belakang, pemiliknya memilih swingarm milik yamaha R15. As swing arm menggunakan asli punya scorpio dengan diganjal kanan kiri. Untuk as roda menggunakan milik Yamaha R15. Sementara dudukan gear belakang menggunakan milik Yamaha R15. Tak lupa untuk rantainya juga memakai punya Yamaha R15. Karena asli Yamaha Scorpio tanpa sambungan sedangkan dengan konstruksi swingarm banana R15, harus menggunakan rantai dengan sambungan. Untuk bushing, bearing dan karet nap gear tetap menggunakan asli punya Yamaha Scorpio.
Untuk perangkat pengereman belakang, mengunakan master dan kaliper rem milik Yamaha R15. Berhubung pemilik menggunakan velg chemco yang sudah rear disc brake jadi tanpa ada perubahan apapun. Oh ya untuk sektor rem depan, pemilik memasangkan piringan cakram PSM 300mm. Dengan kaliper milik Yamaha Xabre dan tentunya menggunakan adaptor.
Untuk speedometer cukup memakai asli milik Yamaha Scorpio. Karena semua masih bisa berfungsi dengan baik. Meskipun Yamaha Xabre sudah menggunakan speedometer digital, tapi karena ini menggunakan velg chemco untuk Yamaha Scorpio, jadinya gear speedometer tetap bisa terpasang dan berfungsi sempurna.
Berikut Gallery penampakannya.
Untuk Scorpio Modif Kaki Xabre dan R15 ini sang pemilik mengaku menghabiskan dana total kurang lebih 8 juta rupiah. Untuk Swingarm R15 dan peredam kejut Yamaha Xabre seharga 4 jutaan, USD Xabre Seharga 4 jutaan.
Baca juga :
- Pasang Lampu Bulat di Yamaha New Scorpio? Berikut Pilihan Caranya
- Yamaha Customaxi 2018 Hadir di Kota Yogyakarta
- Modifikasi Honda CB150R StreetFire Traktor DOHC
- Kustomfest 2018 Oktober Tanggal 6-7 di Jogja Expo Center
- Honda CRF150L Modifikasi Hasil Honda Dream Ride Project Siap Jelajahi Yogyakarta
- Ducati Scrambler DS Concept
- Modifikasi Honda PCX 150 Jari Jari Ban Tjatjing, Sungguh Membuatku Ingin Berkata Kasar
- Body Kit Yamaha MT25 Ini Bikin Makin Ganteng Deh
- Inikah Motor Harley Termahal Didunia?
- Modifikasi Honda MSX 125 Cafe Racer, Biar Mungil Tapi Gahar
mantab nan …..
Gan, kalo velg depan diganti pke xabre, speedometernya kira2 gmna ya?
ya kalau diganti velg xabre, speedo asli scorpio jadi tidak berfungsi semuanya, gak ada colokan buat kabel speedonya. cara terbaik ya ganti speedo yang digital juga.
Gan, pasang arm r15 di scorpio itu banyak ubahan gak? Tutup gear depan emang sengaja dibuka atau gak bisa di tutup gara2 masang arm r15?
bisa dipasang kok gan, itu yg punya sengaja gak pasang tutup gearnya.
nice info gan, keliatannya menarik untuk dicoba krna sy udh buntu sama masalah suspensi belakang pio yg ambles
btw mo tanya, untuk pemasangan sistem suspensi belakang, karena arm nya pakai R15 berarti dudukan shock dll semua berbasis R15 ya gan, ga pake lagi yg namanya arm relay dan connecting rod seperti di scorpio? hanya shock absorbernya aja yang pakai xabre? cmiiw
untuk dudukan shock atas tetap di dudukan shock scorpio asli, untuk sistem linknya pakai punyanya new vixion, jadi ya pakai conrond milik new vixion, untuk shocknya saja yang pakai punya xabre.
Punya anak asoka (adventure scorpio karawang) namanya marsan.. fb dhen mas marsan..
Betul om, saya juga kenal kok
setelah pake kaki R15 Masih ambles ga mas bro, saya jg modif kaki belakang tapi pake NVL.
All NVL, Swing Arm, LInk, Shock, Velg, Brake sampe ring bautnya jg ori NVL. agak lebih tinggi dari sebelum modif, Tapi blm maksimal masih berasa agak ambles.
Kalau amblesnya tidak separah aslinya scorpio, tp respon suspensinya lebih empuk dan lebih stabil untuk cornering, posisi pembonceng memang tidak jadi lebih tinggi dan memang tidak membuat lebih nungging
Ini shock belakangnya pake xabre & linknya pake nvl ya om?
Saya skrg pake arm rd & ar cr after market + shock ori scorpio, masih keras, kalo yg diaplikasikan ke pio saya cuma link & shocknya aja kira” jd empuk & stabil gak ya? Apa pengaruh di armnya juga?
Makasih
Iya betul.
Setau saya bisa, pakai link vixion & shock vixion, jadinya bisa gak ambles, tp untuk stabil atau tidaknya belum pernah dapat info
mantapp
Mas kalau swing arm belakang standart di pake ban 130/70 r 17 seperti ban nya xabre bisa gk?
bisa gan, saya juga pakai ukuran 130/70 dengan swingarm standart, aman tanpa ganjel2 ring, ban juga gak gasruk swingarm
Gan untuk ganjel bos arm nya pake apa ya?
kalo velg scorpio ori muat ban berapa ya?
paling hanya 1 tingkat diatas ukuran standart om
Pakai USD r15 di pio apa ngaruh saat stang di belokkan pol? Saya bakai shock byson di pio jadi susah buat belok..karena shock nabrak tanki
Enggak masalah kok
Gan, klo ditinggikan aja gimana gan, monoshock nya diganti punya apa ya dan unitracknya juga, supaya ngg amblas, ?
Tinggal pilih, pakai AR atau CR yg lebih pendek atau pakai shock vixion & link modifnya
Itu panjang usd xabre sama s orpio standar selisih berapa om?
Belum ngukur om
Selamat malam bang Nugroho
Maaf bang.. kebetulan saya juga pakai usd xabre.. dan masi ngakalin buat bosh depan sama rem depan.. kebetulan saya pakai velg chemco 2,5mm buat scorpio dan kaliper rem bawaan pio
pertanyaan saya..
1. apakah velg diatas sama dengan velg saya?
2. jika sama apakah bos bosannya disamakan kanan kiri ( bagi rata dengan bos as) atau dominan kanan supaya dekat dengan kaliper?
3. jika velg sama apakah piringan std pio harus diganti supaya bisa mengaplikasikan kaliper xabrenya? dan bisa nga kaliper std pio yg menggantikan kaliper xabre diatas?
4.jika velg sama apakah adaptor psm nya yg digambar atas ditambah bos lagi buat ngepasin ke piringan?
trimakasih sebelumnya bang
Setau saya chemco yg untuk Scorpio hanya ada 2 model, yg palang 3 dan ini, ukurannya juga 2,5 depan 3,5 belakang. Punya om sama bentuknya tidak dengan velgnya ini?
2. Pakai bosh, namun tetap nyari center velgnya
3. Silahkan coba sendiri, yg punya motor ini belom mencobanya.
4. Iya
Trimakasih bang fast responnya…
Iya betul,sama bang velgnya palang 6 juga punya saya.
Jadi patokannya ban nya center dlu ya bang, trus ngepasin bosan kanan kiri..
btw buat bosnya diukurnya gmana ya bang? buatnya di tukang bubut atau beli jadi bang trus dipotong potong?
lalu bosh buat adaptor psm nya sudah ada djual sepaket dengan adaptor dengan piringannya bang?
Thanks
Iya, patokan center ban.
Bosnya mending beli utuh aja, nanti kalau udah punya ukuran baru dibawa ke tukang bubut.
Bos dari PSMnya ada, termasuk di paket pembeliannya setau saya.
owh iya bang… pas pemasangan bos nya apa dikasi ring juga ? ring nya ke velg apa ke fork bang?
lalu itu kan piringan lebar aftermarket, ada ga bang persamaan dengan motor kluaran pabrik?
Ring di forknya.
Belum tau kalau yg ukurannya sama dengan PSM.
owhh dimengerti bang
oiya pada saat pemberian bosh apa dikasi ring lagi bang? dikasi ke bosh arah velg atau ke bosh arah fork?
ini kan piringan lebar aftermarket, ada ga kluaran pabrik yg sama bang lebarnya dan mata bautnya?
Siap bang dipahami ,, saya bookmark dlu buat reff
oiya satu lagi bang… kalo langsung dipasang velg sabre satu set dengan pengereman.. buat spedoo nya pake digital ya bang? nah kalo digital masangin indikator Speednya atau KPJ nya gmana ya bang? kan kalo pio pake gearbox
Kalau pakai punya Xabre se set ya gak usah bingung bang, sensor speenyakan include, nempel di velg & ada di speedonya. Jadi tidak ke mesinnya.
owhh brarti pake sensor ya bang..bukan pake gearbox spedo yg sebelah kanan velg.. odo meternya nya jalan bang? jadi biar tau ganti oli
Iya, pakai sensor. Dan biasanya sih perlu modif, karena mungkin sumber sensornya dari yg gak ada di Scorpio.
oke siap bang…makasi bang
Mau tanya om..itu adaptor kaliper depan pake aslinya dari psm apa bikin sendiri? trimakasih
Asli punya PSM
Mas minta tolong info cara nempel, motong segitiga atas scorpiony ? Biar bisa pasang lampu kontak spido orinya. Trmksih