Ubah Posisi Plat Nomor

Saat kebanyakan konsumen mengeluhkan posisi plat nomor NVL yang ada di atas headlamp dan ramai-ramai memindahkannya, Kawasaki Z250 tetap launcing dengan posisi plat nomer di atas headlamp. Sebenarnya semua desain bawaan pabrik pasti sudah diperhitungkan oleh desainer dan teknisinya, tapi kebanyakan konsumen lebih memikirkan penampilan. Sekarang apa jadinya bila NZS yang posisi standart plat nomornya ada di bawah headlamp dipindah ke atas??   sepertinya hal ini menarik untuk dicoba. Teman-teman club yang sering touring kadang banyak yang menambahkan windshield diatas headlampnya agar bisa mengurangi terpaan angin secara langsung, akan tetapi masih jarang yang ikut memindahkan plat nomornya meskipun memakai ban depan yang memiliki rim lebih lebar dari aslinya ataupun memasang spakboard bergaya trail untuk ban depannya. Dan ini yang menjadi rencana saya, saya ingin memindahkan posisi plat nomor my sx225 ke atas headlamp, sekaligus membuat dudukan untuk windshieldnya, bisa dibilang hanya karena gaya juga, tapi entah mengapa saya begitu tertarik untuk mengubahnya. Kurang lebih berikut desainnya

Plat Nomor 1
Plat Nomor 1
Plat nomor dan desain dudukan
plat nomor dan desain dudukan detail
plat nomor dan desain dudukan detail 2

dudukan / bracketnya saya desain memanfaatkan bracket plat nomor asli ditambah plat yang dibaut lalu dilas dengan besi bulat seperti di gambar yang berupa garis warna merah, lalu ada dudukan lain yang memanfaatkan baut pengikat bracket headlamp dibawah headlamp. Rencanya seperti itu, akan tetap belum konsultasi dengan tukang las, baru sabtu nanti insyaalloh ke tukang las 😀

ASICS Home

Bulan ini (Juli 2013) my sx225 berulang tahun yang pertama, tepatnya nanti tanggal 20. Pajak, pasti harus dibayar bulan ini, berhubung gajian tanggal muda akhirnya kemarin Sabtu 6/7/13 pajak motor saya bayar duluan, ya lumayanlah Rp. 315.500. Selain itu bulan ini jatah my sx225 buat servis bulanan, seperti biasanya untuk urusan ganti oli saya kerjakan sendiri sedangkan untuk setting lainnya saya percayakan ke bengkel, akan tetapi bulan ini berbeda dengan sebelumnya. Saya mau my sx225 ditangani oleh mekanik yang betul-betul familiar dengan karakter Yamaha Scorpio. Setelah mencari info ke teman-teman pengguna Scorpio di Group KSR Whatsapp, akhirnya saya memperoleh kontak Pak Toto, salah satu anggota (sesepuh) ASICS (Adventure Scorpio Indonesia Club Surakarta), saya beranikan untuk kenalan melalui SMS, ternyata beliau ramah dan mau memberi info mengenai lokasi bengkel yang dipercaya menjadi homebase dan mekanik clubnya, dan ternyata lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya.

Sesuai petunjuk dari pak Toto, Sabtu 6/7/13 malam saya pergi mencari lokasi bengkel tersebut, namun sayang ternyata tutup karena lagi ada acara kopdar di Wonogiri, dan yang paling sayang adalah karena ketika saya masuk ke gang lokasi bengkel sementara mekaniknya (mas Anang) pas keluar berangkat ke Wonogiri 🙁 . Akhirnya SMS lagi ke pak Toto, untuk konfirmasi apakah benar lokasi bengkelnya di gang yang saya masuki tadi, dan ternyata benar, lalu saya diminta datang lagi Minggu sorenya.

Minggu sore, sekitar pukul 19.00 saya berangkat ke lokasi, sesampainya disana ketemu juga dengan mekaniknya dan tentu saja pak Toto, dan ternyata di rumah mekaniknya lagi ada arisan bapak-bapak, duh… rencana cuma mau kenalan malah ikutan arisan, dapet makanan pula, jadi tidak enak hati saya.. :D. Cukup lama saya menghabiskan waktu di bengkel tersebut, sampai akhirnya beberapa anggota ASICS datang ngumpul. Sampai akhirnya motor saya dicoba sama mas Anang, kemudian mas Anang bilang mesinnya berbeda dengan mesin Scorpio yang lama (sebelum tahun 2008), karena memang kebanyakan anggota ASICS memakai Scorpio keluaran tua, saran dari mas Anang olinya perlu diganti, karena terlalu encer (sae 20w-40) dan berhubung oli baru saja saya ganti (baru pemakaian 200KM) saya diminta datang lagi nanti kalau sudah 1000KM saja, sayang oli masih baru… hehehe.

Pengalaman pertama ketemu langsung dengan orang-orang yang pengalaman memakai Scorpio setelah sekian lama hanya ngobrol di dunia maya. Tujuan saya main, kenalan memang untuk share masalah pemakaian apalagi ketemu sama mekaniknya, ini yang saya harapkan dari dulu, bukan karena tidak percaya dengan bengkel resmi, tapi bagaimanapun juga butuh mekanik yang sering setting Scorpio. Dan bonusnya bisa kenal dengan anggota club, dapat stiker pula 😀

Ready to join ASICS Brotherhood? 😀