27/07/2024

rtb.web.id

me, my soul & my ride √√√

Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpio

2 min read
Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpio

redto-black.web.id – Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpio. Scorpio Z dibekali pelindungcover knalpot yang terdiri dari 2 bagian, bagian depan dan belakang, motor saya memiliki cover knalpot berwarna silver dibagian depan dan hitam di bagian belakang. Yang namanya cover memang bertujuan untuk melindungi, entah melindungi knalpot tersebut sendiri ataupun melindungi pengendara agar tidak terkena panas knalpot secara langsung, alhasil setelah pemakaian satu tahun lebih banyak terdapat bekas goresan yang membuat cat aslinya terkelupas, dulu saya sempat membeli sticker lembaran untuk ditempel sendiri di cover knalpot tersebut, akan tetapi karena gagal akhirnya tidak jadi dipasang :D. Setelah memasang visor yang saya tulis di Visor New Vixion di Scorpio ada sisa cat semprot yang masih lumayan banyak, setelah mengecat standart samping yang dulu disambung las tapi belum sempat saya cat ulang akhirnya saya putuskan untuk mengecat cover knlapot saya yang warna silver menjadi hitam doff.

Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpio. Modal nekad dan sedikit pengetahuan hasil googling, akirnya saya berburu bahan-bahan yang diperlukan untuk pengecatannya, dari hasil googling saya menemukan bahwa plastik jenis ABS tidak boleh menggunakan paint remover untuk mengelupas cat, plastik jenis PP bisa menggunakan paint remover dan plastik cover knalpot ini jenisnya PA, daripada resiko akhirnya saya memilih menggunakan amplas untuk membersikan cat lama, saya membeli amplas dengan nomer 280, 800, 1000, 2000. Amplas nomer 280 saya gunakan untuk mengilangkan cat lama sampai terlihat warna plastik aslinya, dengan cara mengamplas permukaan plastik dalam kondisi basah, setelah permukaan bersih saya lanjutkan menggunakan amplas nomer 800 untuk menghaluskannya, setelah cukup kemudian saya jemur agar kering dan mulai mengecat.

Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpio. Awalnya saya mencoba menyari PP Primer semprot untuk dijadikan dasaran, akan tetapi setelah pergi ke 3 toko cat saya belum juga mendapatkannya, akhirnya saya putuskan untuk langsung mengecat tanpa dasaran PP Primer. Tahap awal saya semprot tipis menggunakan cat semprot merk pylox (yang murah saja) lalu dikeringkan kemudian dicek bagian mana yang belum rata, untuk bagian yang belum rata saya amplas lagi menggunakan amplas nomer 1000 atau 2000 dalam kondisi dibasahi air, langkah ini saya ulangi sampai hampir 5 kali sampai didapatkan hasil yang paling bagus, akhirnya setelah mendapat hasil paling bagus (menurut saya) saya jemur beberapa jam hingga kering, awalnya saya ingi menambahi lapisan pernis dengan pylox warna clear, akan tetapi karena hasil hitam doff sudah bagus akhirnya tidak jadi di pernis.

Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpiowujud awal cover knalpot kurang lebih seperti gambar diatas,

Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpio

 

cat semprot yang saya pakai

Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpiobersama hasilnya

Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpiohasilnya

Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpio

 

hasilnya

untuk hasil terpasang belum sempat saya foto, tapi siang ini malah sudah kehujanan di tempat parkir… hehehe

biaya keseluruhan :

1. Amplas 280 2 lembar seharga Rp 2.000

2. Amplas 800 2 lembar Rp 2.000

3. Amplas 1000 2 lembar Rp 2.000

4. Amplas 2000 2 lembar Rp 2.000

5. Cat semprot (sisa) Rp 25.000

 

 

 

3 thoughts on “Mengecat Cover Knalpot Yamaha Scorpio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *